Hipmi Gandeng WMS Bangkitkan Jiwa ”Entrepreneurship” Generasi Muda

Singaraja (Bisnis Bali) – Generasi muda yang saat ini makin berkreativitas membutuhkan support dari berbagai aspek agar bisa berkembang. Berbagai usaha kecil menengah dan home industry karya anak muda yang dewasa ini semakin berkembang di Buleleng tentu saja tidak terlepas dari peran serta berbagai organisasi yang menjembatani baik dalam hal permodalan , pemasaran hingga pemberdayaan.

Salah satu organisasi di Buleleng yang saat ini cukup memiliki peran untuk menjembatani beberapa pelaku usaha dan industri muda adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Buleleng.

Bahkan, Hipmi mengapresiasi setiap tahunnya pelaku usaha dari kalangan anak muda yang cenderung mengalami peningkatan. Hal itu pun membuktikan bahwasannya menjadi pengusaha tidak hanya datang dari kalangan orang dewasa dan bermodal besar, juga dari kalangan anak muda.

Ketua Hipmi Buleleng, Luh Hesti Ranitasari, belum lama ini mengatakan, menjadi pengusaha sukses tentu menjadi impian semua orang. Akan tetapi tidak semua orang memiliki keterampilan untuk menjadi seorang pengusaha, karena jiwa entrepreneurship dapat tumbuh seiring dengan ilmu kewirausahaan serta semangat dan tekad yang tinggi. “Jangan sampai baru gagal sekali sudah menyerah intinya semangat dulu bukan modal yang utama,” katanya.

Menurut Rani yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Buleleng ini, tingginya semangat dari anak muda sekarang untuk membuka usaha sering kali down tatkala dihadapkan pada urusan permodalan. Namun, pihaknya justru men-support generasi muda yang mau membuka usaha dengan bantuan permodalan awal tanpa jaminan yang disalurkannya bekerja sama dengan salah satu bank umum. Dari modal awal tersebut pihaknya berharap pengusaha muda dapat makin mengembangkan bisnisnya ke skala yang lebih besar.

Ia menambahkan, Hipmi Bali yang juga berkolaborasi dengan organisasi Wirausaha Muda Singaraja (WMS) tentu menjadi angin segar bagi wirausaha muda khususnya dalam hal pemasaran produk-produknya, sehingga besar harapannya generasi muda memiliki semangat untuk berwirausaha. “Jadi melalui Hipmi Bali kita support dari segi pemasaran mungkin seperti contoh ada perajin yang bisa kita ajukan untuk bisa mengikuti pameran di Jakarta,” katanya. (ira)