Tampak Siswa juga anak anak TK dari berbagai sekolah mengunjungi Objek Wisata Wiwanda Agrow.

Singaraja (Bisnis Bali) – Lokasi wisata berbasis pertanian dewasa ini makin berkembang di Kabupaten Buleleng. Di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada tepatnya di objek wisata Wiwanda Agrow ini salah satunya. Tak hanya menawarkan wisata petik stroberi hidroponik, wisata ini juga menawarkan wisata edukasi untuk anak-anak dan pelajar.

Pemilik usaha Wiwanda Agrow, Gede Adi Mustika mengatakan, selain menjadi wisata agro tujuan utamanya adalah mengenalkan potensi pertanian yang dimiliki Desa Pancasari yakni stroberi. Melalui  wisata edukasi ini diharapkan dapat mendorong kecintaan anak–anak khususnya para pelajar terhadap bidang pertanian yang dilakukan dengan model yang menarik yakni sambil berwisata. Pihaknya berharap selepas berkunjung dan berinteraksi langsung dengan petani, para pelajar mempunyai ketertarikan untuk berkecimpung dalam bidang pertanian.

Wisata edukasi kali ini, anak – anak diberikan pemahaman bagaimana tehnik menanam dilahan yang sempit dan menanam tanpa  media tanah yang baik benar, setelah itu anak – anak diberikan praktek langsung cara menamam stroberi. Dengan cara ini dijelaskan Mustika secara tidak langsung dapat merubah mindset anak – anak bahwasannya bertani itu kotor atau bertani itu kampungan.

Sejauh ini wisata yang digagas olehnya ini cukup ramai dikunjungi tidak hanya wisatawan yang ingin mencoba manisnya stroberi jepang yang khusus ia budidayakan juga dari sekolah – sekolah baik yang di Buleleng hingga seluruh Bali. “Memasuki hari libur juga banyak anak – anak romobongan sekolah yang bertmasya ke kebun stroberi ini bahkan baru – baru ini sebanyak 200 anak memenuhi areal kebun stroberi serta antusias untuk turut belajar cara menanam stroberi,”jelasnya. (ira)