GLOBALI - Pelaksanaan festival Globali bertempat di Taman Nusa Gianyar. 

Gianyar (Bisnis Bali) – Festival Globali merupakan even kolaboratif setiap tahun terutama dilaksankan Desember. Perwakilan panitia dari Yayasan Lancer Langit, Gede Agus Suparta, Senin (10/12) mengatakan, Festival Globali menampilkan kebudayaan dunia terdiri dari karnaval, pertunjukan seni, orasi budaya, workshop, pusparaga nusantara dan anugerah budaya mengambil tempat di Taman Nusa.

Suparta menyampaikan, sejak 2017 Festival Globali  diselenggarakan 4 lembaga, Globali Academy (kepanjangan kementerian  pariwisata), Taman Nusa,  jaringan kota pusaka Indonesia, Yayasan Lancer langit sebagai seniman penyelenggaranya.
Perhelatan Globali diselenggarakan Senin (10/12)-Rabu (12/12). ”  Kegiatan ini untuk membangkitkan energi wisata, semoga bisa meningkatkan daya tarik Indonesia,” ucap Suparta.

Direksi Taman Nusa, Santoso menyampaikan Bali jadi destinasi dan ajang eksperimen dunia. Tahun lalu terjadi konferensi perubahan iklim. Penyelenggaraan festival Globali menjadi kegiatan yang bertujuan menghadapi masa depan, dengan melihat persoalan utama yang dihadapi saat ini.

Kadis Pariwisata Gianyar, Anak Agung Ari Brahmanta mengatakan, target pelaksanan festival Globali untuk peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia terutama Bali dan Gianyar. Pariwisata budaya tidak ada duanya di Indonesia.

Culture heritage di Gianyar ada yang bisa dilihat dan ada yang bisa dirasakan.  Taman Nusa bisa melengkapi budaya di Gianyar. “Komitmen Taman Nusa luar biasa untuk investasi pariwisata jangka panjang,” ucap Ari Brahmanta.

Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI, Taufik Hasan mengatakan Globali, yakni global dan Bali. Ini dari Bali untuk dunia. Globali jadi hubungan dunia dan individu. Kemenpar berupaya menjadikan Festival Globali ini  permanen di Taman Nusa. (kup)