LPD Tuka Berikan Dana Santunan Hingga Rp5 Juta per Krama

SEBAGAI upaya pemberian manfaat kepada krama (masyarakat adat) LPD Desa Adat Tuka, Kuta Utara Badung, memiliki berbagai program, salah satunya memberikan santunan kepada masyarakat yang meninggal. Tak tanggung-tanggung nominal yang diberikan mencapai Rp5 juta per krama dan khusus untuk pemangku Kahyangan Tiga dana santunan yang diberikan mencapai Rp8 juta.
Kepala LPD Desa Adat Tuka, I Made Dwiantara, SE.,MM, saat ditemui, Jumat (7/12), mengatakan, hal ini dilakukan guna meringankan beban masyarakat dalam pelaksanaan upacara Ngaben ditengah kedukaan yang dihadapi keluarga.
“Program ini sudah 3 tahun berjalan dan sudah ada 5 orang yang mendapat santunan,” ujarnya.
Selain memberikan santunan kepada masyarakat yang meninggal dunia, LPD Desa Adat Tuka juga memberikan sumbangan kepada masyarakat yang menjalani rawat inap di rumah sakit. Program inipun sudah berjalan cukup lama, dan sudah cukup banyak pula masyarakat yang dibantu.
Menyambut hari raya besar keagamaan khusunya Hari Raya Galungan dan Kuningan, LPD Desa Adat Tuka secara rutin membagikan daging babi pada KK yang ada di wilayah Desa Adat Tuka. Disamping itu, Desa Adat Tuka yang memiliki penduduk dengan keragaman agama, juga rutin membagikan parsel kepada umat kristiani dan islam pada hari raya besar keagamaannya.
Dwiantara menjelaskan, jumlah KK di Desa Adat Tuka sebanyak 32 KK dan terdiri dari 102 jiwa. Dukungan masyarakat kepada LPD sangat tinggi, termasuk masyarakat kristiani yang juga memanfaatkan keberadaan LPD sebagai tempat meminjam ataupun menyimpan dana.
“Melalui LPD kami juga mendukung program pemrintah yang menjebatani penyatuan keanekaragaman agama. Hubungan antar agama di wilayah kami sangat baik,” imbuhnya. (wid)