Denpasar (Bisnis Bali) – Tukad Bindu yang berlokasi di Jalan Turi,  Denpasar Timur,  tepatnya di Banjar Ujung, Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, menjadi tempat wisata favorit bagi warga Kota Denpasar saat ini. Siapa yang menyangka sungai yang sebelumnya enggan dilirik masyarakat, saat ini menjadi tempat rekreasi menarik bagi masyarakat baik anak-anak hingga dewasa.

Bermain atau berenang di sungai mungkin menjadi aktivitas yang jarang ditemui saat ini, terlebih lagi di wilayah perkotaan. Namun hadirnya Tukad Bindu pada awal tahun 2018 ini mampu memberikan sesansi mandi di sungai ala pedesaan di tengah hiruk-pikuk Kota Denpasar.

Sebelum menjadi taman rekreasi yang dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak,  nasib Tukad Bindu hampir sama dengan Tukad di Denpasar pada umumnya,  yakni tukad yang kotor dan penuh sampah. Namun sejak beberapa tahun lalu pembersihan dan pengelolaan dilakukan dengan baik dan berkelanjutan.

Pelopor dan Pengagas Taman Rekreasi Tukad Bindu Kota Denpasar I Gusti Rai Ari Temaja atau yang akrab disapa Gung Nik saat ditemui belum lama ini, mengatakan, Taman Rekreasi Tukad Bindu bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti bermain air dan berenang di aliran Tukad Bindu yang bersih dari sampah, bersantai hingga bersepeda.  “Bagi pengunjung yang memiliki anak kecil, sangat cocok datang ke Tukad Bindu,  karena disini tersedia beberapa wahana permainan anak,” ungkapnya.

Untuk yang hobi melakukan swaftoto, ada beberapa spot foto yang asyik digunaknan, seperti di antaranya ada jembatan yang diapit rangkaian bambu menjulang tinggi, ada juga spot foto berlatar belakang akar tanaman yang merambat di dinding bantaran Tukad Bindu.

“Kami juga memiliki taman anggrek yang bisa digunakan untuk tempat swafoto,  ada juga beberapa hewan yang ditaruh di dalam kandang,  sehingga bisa dilihat oleh anak-anak,” lanjutnya.

Selain itu,  Tukad Bindu juga memiliki spot wisata edukasi dengan adanya kebun tanaman organik dan pojok akuaponik. Selain fasilitas tersebut, wisatawan juga bisa menikmati fasilitas fitness. Berbagai pilihan Kuliner juga tersedia, yang di areal ini terdapat warung makan yang menyediakan beberapa menu makanan dan jajanan yang bisa di pesan wisatawan dengan harga terjangkau.

Tukad Bindu juga bisa digunakan sebagai lokasi untuk menyelenggarakan beragam kegiatan,  seperti arisan,  pesta,  reuni hingg resepsi perkawinan.  “Untuk aktivitas ini,  masyarakat dikenakan biaya kebersihan dan menganti ongkos listrik, pihak penyelenggara juga sudah mendapatkan fasilitas sound system,” tambahnya. (wid)