Menu nasi goreng basa genep

Gianyar (Bisnis Bali) – Beberapa hotel dan restoran di Bali terkadang menawarkan menu makanan tradisional kepada wisatawan. Dengan takaran bumbu yang pas, disesuaikan dengan lidah tamu mancanegara, mampu membuat jenis masakan Bali menjadi menu favorit. Seperti halnya nasi goreng basa genep (bumbu komplit) menjadi menu favorit di The Sankara Suites dan Villas, Ubud, Gianyar.

Chef Sankara Suites dan Villas, Ubud, Gianyar, Wayan Sudarsana, saat ditemui belum lama ini, mengatakan, disajikannya menu masakan ini bertujuan untuk memperkenalkan menu tradisional Indonesia dengan bumbu Bali kepada wisatawan. “Sebagaian wisatawan yang datang memang ingin merasakan masakan khas Bali, sehingga kami pun mencoba menyajikan masakan lokal yang disesuaikan dengan lidah wisatawan,” ungkapnya.

Untuk memberikan rasa yang sesuai dengan lidah para wisatawan, bumbu Bali yang identik dengan  pekat dan pedas diatur sedemikian rupa.

Penggunaan rempah dikurangi yang didominasi bawang merah dan bawang putih. Demikian tambahan saos dan kecap tetap dilakukan yang merupakan ciri khas dari nasi goreng. Dia mengatakan, tidak ada penambahan msg dalam menu masakan ini.

Proses memasak nasi goreng ini dikatakannya sama seperti memasak nasi goreng pada umumnya. Ada sedikit perbedaan saat menambahkan bumbu Bali yang sebelumnya bumbu tersebut sudah dimasak terlebih dahulu.

 “Bumbu yang sudah dikumpulkan kemudian dihaluskan yang selanjutnya dimasak dengan media minyak. Bumbu matang inilah yang digunakan untuk mencampur nasi goreng basa genep ini,” ujarnya.

Cita rasa yang ditawarkan dari nasi goreng ini memberikan sensasi yang berbeda dari nasi goreng pada umumnya. Kegurihan rasa bumbu Bali menjadi ciri khas ini, ditambah sate tusuk khas Bali, abon dan keripik kacang di atas penyajiannya.  (wid)