Tabanan (Bisnis Bali) – Malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-525 Kota Tabanan yang mengusung konsep Tabanan rumah kita berlangsung sangat meriah, Kamis (29/11) malam. Betapa tidak, berbagai hiburan seperti pentas budaya dan kesenian, hingga kegiatan sosial mewarnai ajang yang mengusung tema “Kluwung Pertiwi” berhasil memukau para penonton yang hadir.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, ajang HUT Kota tahun ini memang dikonsep unik dan berbeda, yakni berbalut Harmoni Raya yang bertujuan untuk mendoakan perdamaian, persatuan dari Tabanan untuk Indonesia serta mengangkat semua potensi yang ada di Tabanan baik itu kesenian, kebudayaan, UMKM maupun kuliner.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT dan Transmigrasi) Anwar Sanusi, Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya,  Forum Koordinasi Pimpinan Darah Provinsi Bali dan Tabanan serta organisasi perangkat daerah (OPD) wilayah Tabanan.

“Hari ini adalah pesta rakyat, semoga di usia Tabanan yang sudah 525 tahun ini, masyarakat Tabanan makin bangga dan mencintai Tabanan, sekaligus jadikan Tabanan sebagai rumah kita,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kota Tabanan. “Kami ucapkan selamat ulang tahun kepada Kota Tabanan semoga makin sejahtera, aman dan berprestasi,” ungkapnya.

Di sisi lain dalam perayaan HUT Kota Tabanan tersebut, Bupati Eka menerima bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang diserahkan oleh Sekjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi, Ph.D. berupa  bantuan PI Prukades dan rice milling unit untuk Bumdesa bersama Selemadeg dan bantuan sarpras air bersih untuk Desa Jelijih Punggang, Pupuan.

Momen harus juga mewarnai peringatan puncak hari ulang tahun atau HUT ke-525 Kota Tabanan, yakni pemberian bantuan oleh Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Wakil Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya kepada I Kadek Dwi Prasetya yang merupakan siswa kelas VII SMPN 3 Tabanan. Dwi adalah salah satu dari anak kurang mampu yang mimpinya diwujudkan lewat program I Have A Dream.

Program ini dicetuskan untuk memperingati HUT ke-525 Kota Tabanan dan sudah dilaksanakan pada acara Tabanan Fiesta yang berlangsung di masing-masing kecamatan. Untuk mengetahui dan memenuhi keinginan anak-anak ini, tim melakukan survai langsung ke rumah dan orang-orang terdekat.

Yang paling mengharukan adalah penyerahan lelang kasih kepada I Nyoman Gindil alias Pak Ageng yang merupakan pedagang es keliling yang merupakan salah seorang masyarakat tidak mampu dari segi ekonomi.  Dalam kesempatan tersebut, es lilin Manalagi yang dijual Pak Ageng pun dilelang. Para pejabat dan undangan pun membeli es lilin Pak Ageng dengan harga Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per bijinya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-525 Kota Tabanan, Wayan Miarsana mengatakan sebelum perayaan puncak HUT Kota Tabanan, rangkaian acara Tabanan Fiesta #2 sudah dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Sesuai tema yaitu Kluwung Pertiwi, budaya Tabanan yang beranekaragam dan memiliki ciri khas di masing-masing kecamatan diberikan ruang untuk tampil. Tidak hanya budaya, dalam perayaan HUT ke-525 Kota Tabanan juga diberikan ruang promosi untuk produk pertanian dan UKM yang ada di Tabanan. Dalam perayaan tersebut juga masyarakat diajak untuk berbagi kepada masyarakat kurang mampu dengan program I Have A Dream.

“Acara sudah di mulai dari tanggal 22 September lalu dengan mengadakan roadshow di 10 kecamatan di Kabupaten Tabanan,” tandasnya. ***