Perkokoh Kebersamaan dan Integritas Organisasi HPI

Mangupura (Bisnis Bali) – Untuk mewujudkan pariwisata yang sehat dan terarah, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali melaksanakan Rakerda VI. Acara dibuka Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra dengan pemukulan gong di Ruang Kertha Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (29/11) lalu.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Suardana mewakili Bupati Badung, Ketua DPD HPI Bali I Nyoman Nuarta, para anggota insan pramuwisata dan seluruh peserta rakerda.

Bupati Badung, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata I Made Suardana mengatakan, rakerda merupakan salah satu mekanisme bentuk pramuwisata di wilayah Provinsi Bali dalam mengevaluasi pertanggungjawaban kepada anggotanya serta mengevaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua tahun masa bakti kepengurusan DPD HPI Bali periode 2017-2022. “HPI ini merupakan salah satu organisasi kepariwisataan yang memiliki peran strategis serta berpengaruh besar terhadap usaha kepariwisataan di wilayah Badung dan Provinsi Bali,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra dalam sambutannya mengatakan, upaya yang perlu dilakukan untuk mendukung pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata melalui aspek peningkatan kualitas SDM/tenaga kerja di dalam pariwisata. “Kami berharap rakerda ini dapat meningkatkan profesionalisme secara mandiri, karena kita ketahui bahwa dengan tenaga kerja yang terampil dan berkompeten tentu akan mempunyai daya saing yang tinggi,“ katanya.

Lebih lanjut dikatakan, HPI merupakan salah satu anggota Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), bekerja sama dengan pemerintah untuk menuju pariwisata yang berkualitas, sehingga Pemerintah Kabupaten Badung telah menetapkan pariwisata sebagai tulang punggung daerah. “Saya berharap HPI juga terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama stakeholders guna meningkatkan sumber daya manusia serta pengelola daya tarik wisata,” tegasnya.

Ketua Panitia I Gusti Ngurah Gunatra melaporkan mengatakan, acara rakerda kali ini merupakan suatu amanah yang tertuang dalam angaran dasar dan rumah tangga HPI Bali dalam rangka untuk mengevaluasi kegiatan selama 2 tahun yang sudah dilaksanakan oleh pengurus DPD HPI Bali tahun 2017- 2022 sekaligus sebagai media penyegaran untuk sebuah organisasi untuk mengingatkan kepada semua jajaran pengurus DPD HPI Bali beserta seluruh anggota agar bersatu padu untuk menjaga kebersamaan dan integritas dalam organisasi. “Dengan kebersamaan  kita bisa menjalankan sebuah roda organisasi dengan baik, kami sangat berharap agar rakerda kali ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis, signifikan terhadap asistensi DPD HPI ke depan,” jelasnya. *sar