Jus Delima, Olahan yang Mendunia

OLAHAN buah delima berupa jus delima, sudah mendunia bahkan banyak produk makanan terkenal yang menawarkan jus delima. Karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh  dan juga kecantikan, buah delima juga kerap dijadikan sebagai bahan baku kosmetik.

Buah delima selama ini lebih banyak diolah menjadi jus. Jus delima mengandung antioksidan yang akan membantu melindungi lipid darah dari oksidasi. Jus buah delima juga telah dikenal mampu mencegah kanker prostat dan membantu mencegah timbunan plak di kelenjar arteri. Buah delima juga merupakan sumber serat yang baik sehingga jus buah delima sangat dikenal di dunia.

Banyak produk jus buah delima yang ditawarkan di pasar sehingga kebutuhan buah delima untuk dijadikan jus kemasan sebenarnya cukup tinggi. Meski demikian bagi Anda yang ingin membuat jus buah delima sendiri di rumah caranya sangat mudah.  Ni Wayan Lasmini, penjual jus di kawasan Kuta mengatakan, pihaknya baru beberapa bulan belakangan menjual jus delima dan respons konsumen sangat bagus.

“Untuk bahan baku, saya masih menggunakan delima impor karena memang delima lokal jarang ada yang menjual. Dari segi tampilan juga sangat bagus, karena delima merah impor benar-benar merah beda dengan yang lokal,” tuturnya, Jumat (30/11) kemarin, di Kuta.

Diakui, karena menggunakan buah impor, harga jual lumayan mahal. “Karena harganya tinggi, pangsa pasar saya lebih ke wisatawan dan kalangan menengah ke atas,” ungkapnya.

Untuk membuat jus delima sangat mudah cukup menggunakan blender atau juice maker. “Kalau wisatawan lebih menyukai jus murni tanpa campuran gula,” pungkasnya. (pur)