Tabulampot Delima Merah, Bernilai Jual Tinggi

TABULAMPOT (tanaman buah dalam pot) saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat perkotaan. Sistem tanam seperti ini merupakan solusi bagi lahan sempit di perkotaan, meskipun harga jual tabulampot jauh lebih tinggi dari bibit tanaman buah pada umumnya tetap tinggi peminat.

Tabulampot, menurut Putu Sugiana, penjual tanaman buah di kawasan Sanur, setiap saat selalu ada permintaan. “Banyak jenis tanaman buah yang bisa dijadikan sebagai tabulampot. Tanaman delima merah salah satunya, yang termasuk tabulampot yang sangat cantik sehingga cocok sebagai tanaman hias,” tuturnya di Denpasar.

Bila ingin membuat tabulampot delima merah, pilihlah pot yang berukuran sedang dengan diameter sekitar 20 hingga 30 cm. Isi pot dengan tanah yang dicampur pupuk kandang ataupun pupuk kompos dan sekam terlebih dahulu. “Campuran tanah itu bisa didiamkan sekitar 3 hari, agar gas beracunnya hilang. Baru kemudian langsung tanaman bibit yang sudah dipilih,” ucapnya. Untuk memilih bibit pastikan merupakan bibit unggul yang sehat dan tidak cacat sama sekali.

Perawatan tabulampot delima sangatlah mudah dan praktis. Lakukan penyiraman maksimal 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. “Anda hanya perlu memastikan bahwa media tanam selalu lembab dan tidak kekeringan. Penyiraman dapat disesuaikan dengan musim saat menanam, kalau musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman,” tukasnya.

Tahap berikutnya adalah pemupukan dan penyiangan, yang dapat  dilakukan secara bersamaan setiap 2 minggu sekali. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kesehatan tanaman delima. “Kalau tanaman delima memiliki hama yang sulit diatasi, kita dapat mengatasinya menggunakan pestisida secukupnya atau memangkas cabang yang terkena hama,” ungkapnya.

Hampir sama dengan panen pada tanaman delima yang ditanam di lahan, tabulampot delima juga sudah mulai berbuah sekitar 3 tahun setelah masa tanam. “Bila cara menanam delima serta perawatannya dengan tepat, masa panen bisa lebih cepat. Biasanya buah delima matang dan siap untuk dipanen pada Agustus hingga September,” tukasnya.

Ciri buah delima yang matang yaitu berukuran sekitar 5 hingga 13 cm dengan kulit buah yang halus dan berwarna kuning kemerahan hingga merah. “Panen bisa dilakukan dengan menggunakan gunting atau pisau. Kalau mau memetik langsung putar buahnya, dengan begitu tekstur tanaman tidak akan rusak,” pungkasnya.

Tabulampot delima merah ini hampir sama dengan harga tabulampot buah lainnya, harga mulai Rp350 ribu ke atas tergantung besar kecilnya dan sudah berbuah apa belum. (pur)