Revolusi Industri 4.0, Bangun Optimisme dan Inovasi UMKM

ERA revolusi industri (RI) 4.0 ditandai sistem digital di segala lini perekonomian. Ini mesti dimanfaatkan dengan baik oleh usaha mikro kecil menengah ( UMKM) sehingga produk – produk unggulan yang dihasilkan lebih dikenal luas dan berimplikasi positif yakni meningkatnya pendapatan pelaku UMKM.

Pengurus Kadin Bali, Jro Puspawati mengungkapkan itu baru – baru ini. UMKM perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia ( SDM) sehingga lebih mumpuni dalam promosi memanfaatkan teknologi digital. Optimisme pelaku usaha untuk mampu mengangkat daya saing produk harus dibangun.

Untuk itu inovasi baik menyangkut penciptaan produk baru, merek lokal,kemasan, dan harga kompetitif harus dilakukan agar produk – produk unggulan Bali seperti endek, batik, dan lainnya bisa makin diangkat dipasar ekspor dengan perolehan devisa yang optimal bagi negara.

Promosi digital yang efektif dan efisien juga murah akan memberi manfaat besar bagi perkembangan UMKM Bali. Ini tentu sangat diharapkan guna memacu pertumbuhan ekonomi di atas 5,2 persen ke depan. ” Saya kira Bali begitu kaya akan potensi kearifan lokal yang bisa diandalkan di pasar dunia. Tanpa promosi yang baik tentu gaungnya takkan besar sehingga ini tantangan bagi SDM UMKM menggenjot promosi,” ujar owner Bali Puspa Bordir ini.

UMKM sebutnya memiliki daya tahan yang kuat karena dikuatkan rantai usaha di sekitarnya, mulai dari pemasok bahan baku, tenaga primitif yang memiliki latar belakang budaya daerah, pasar yang heterogen di daerah, juga inovasi yang bertumbuh seiring dinamikanya selera pasar.

Hal senada disampaikan pengurus Kadin Buleleng, Ni Luh Gede Artiningsih. UMKM pilar ekonomi yang harus dikuatkan sehingga mampu menyangga perekonomian. Ini akan memberi inspirasi bagi generasi muda yang ingin terlibat sebagai wirausaha muda keren. Beragam potensi ekonomi Bali bisa digarap. Jangan sampai hanya jadi penonton di daerah sendiri.

Dengan inovasi yang berlanjut diharapkan UMKM mampu menjadi garda terdepan penguatan ekonomi daerah diera ekonomi global yang ditandai derasnya arus, barang, orang, dan jasa ke daerah dan Tanah Air. Dengan membangun optimisme UMKM diyakini semua potensi ekonomi bisa maksimal digarap masyarakat untuk ekonomi yang lebih baik dan kuat ke depan. (gun)