Denpasar (Bisnis Bali) – Mendorong ekonomi yang kuat dan kokoh, ke depannya perguruan tinggi (PT) diminta mencetak wirausaha baru. Dengan dengan bekal teori dan praktik mahasiswa-mahasiswi setelah tamat mampu menjadi pengusaha pemula yang andal. Bahkan, sebelum tamat dapat berbisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, S.E., M.M., Selasa (27/11) saat memberikan sambutan motivasi kepada 61 peserta mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar di Hotel Vasini Denpasar.

Menurut Gede Indra, pihaknya selalu mendorong perguruan tinggi menciptakan wirausaha muda. Saat ini generasi muda dengan keunggulan semangat jiwa muda, kreativitas dan akrab dengan dunia digital, juga mempunyai prospek yang besar menjadi wirausaha pemula. Untuk itu PT yang mencetak SDM unggul hendaknya  memberikan output  nilai lebih, yaitu menumbuhkan wirausaha baru.

”Universitas Mahasaraswati Denpasar telah membentuk inkubator wirausaha. Dengan tujuan melatih, mempersiapkan mendampingi para mahasiswa untuk terjun menjadi pengusaha muda,” katanya.

Ia menambahkan, Bali sebagai daerah kunjungan wisata favorit dunia merupakan pasar yang besar bagi tumbuh kembangnya wirausaha muda.

Diakuinya, berbagai produk barang dan jasa, laku di pasaran dan diminati konsumen melalui strategi penjualan misalnya memanfaatkan teknologi informasi atau online yang terus berkembang. ”Kegiatan pembekalan wirausaha muda ini berlangsung selama 3 hari. Difasilitasi Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM RI,” katanya. (sta)