BAGI sebagian besar masyarakat Bali, nasi babi guling masih menjadi alternatif menu favorit dan selalu dicari. Meski untuk mendapatkannya tidak sulit, namun masing-masing penjual memiliki rasa khas andalan dan memiliki penggemar tersendiri.

Seperti di kabupaten Gianyar, selain dikenal sebagai daerah seni, kabupaten ini juga dikenal memiliki aneka kuliner yang enak dan dicari seperti nasi babi guling. Dari sekian banyak penjual nasi babi guling, salah satu yang paling digemari dan selalu ramai adalah warung makan Pande Made Oka.

Hampir setiap hari warung makan yang buka dari jam 08.00 pagi ini ramai pengunjung. Sayu ekor babi guling ukuran besar pasti habis terjual hanya dalam waktu benerapa saat saja. Bahkan pada hari-hari tertentu seperti jumat dan sabtu menu nasi babi guling yang ditawarkan habis pada pukul 14.00 wita.

“Rasanya enak, dan bumbunya pas. Babi gulingnya juga mantap, jadi meski ada banyak pilihan saya pasti tetap datang di warung nasi ini, selain itu harganya swpadan lah dengan rasa yang di tawarkan,” ungkap Risma Ayu salah seorang PNS di lingkungan Pemkab Gianyar ini.

Hal senada juga diungkapkan Wayan Wenda, salah satu pedagang asal kabupaten Bangli. “Asal bawa dagangan ke Denpasar kita pasti sempatkan singgah di warung nasi ini, enak dan puas, selain itu porsinya juga bisa diatur sesuai keinginan kita,” ungkapnya yang rutin makan di warung makan Pande Made Oka ini.

Satu porsi nasi Babi guling komplit apabila makan di tempat dihargai Rp35 ribu. Namun pelanggan juga bisa memesan setengah porsi. Kalau ingin di bawa pulang juga dilayani mulai harga Rp10 ribu – Rp25 ribu.

Kuliner babi guling ini memang selalu jadi incaran masyarakat luas, apalagi dari letaknya kabupaten Gianyar sangat syrategis karena ada di tengah tengah pulau bali, artinya setiap orang yang lewat pasti akan menyempatkan diri untuk menikmati hidangan kuliner di kabupaten Gianyar ini. (ita)