Denpasar (Bisnis Bali) – Kebanyakan masyarakat yang tinggal di tengah kota memiliki hunian simpel atau minimalis. Selain terkendala lahan, hunian minimalis ini memang terkesan praktis.

Namun seringkali pengaturan interior menjadi kendala bagi rumah minimalis, apalagi pemilik rumah suka mengkoleksi barang barang tertentu yang ingin dipajang atau diexpose, seperti guci keramik, buku buku, atau botol antik. Membeli lemari atau bufet tentu akan menghabiskan tempat dan membuat ruangan yang sudah sempit makin sempit. Namun ada solusi yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda pemilik rumah minimalis.

“Untuk ruangan sempit utamanya ruang tamu atau ruang keluarga tentu penghuninya harus pintar menentukan pilihan interior. Agar ruangan tak terlihat makin sempit, tapi barang pajangan bisa disusun cantik, dengan rak dinding akan menjawab kebingungan mereka yang memiliki hunian minimalis,” ungkap IGN Hari Pawitra ST, arsitektur muda yang juga owner Sikut Satak Kontraktor.

Dengan rak dinding yang dibuat sedemikian rupa dan diberi aksen warna satu tahap lebih muda dari warna dinding, atau menggunakan warna cerah seperti putih, coklat muda, cream, abu muda akan membuat ruangan menjadi segar. “Kolom pada rak diatur sesuai keperluan dengan ukuran yang sedikit lebih lebar. Selain untuk pajangan, rak dinding ini juga bisa sebagai tempat tv flat atau home teater yang biasanya ukurannya besar bisa disiasati dengan menempel di dinding,” nilainya.

Tak menghabiskan space yang banyak rak dinding ini juga memberikan kesan elegan dan membuat ruangan yang sempit justru terlihat luas. Hal ini karena rak yang menempel di dinding tak menghabiskan banyak tempat, selain itu warna soft cenderung terang membuat ruangan menjadi segar dan luas.

Arsitektur lulusan Universitas Warmadewa ini juga mengatakan, dengan menggunakan rak dinding sebagai tempat pajangan juga memberikan kesan mewah dan bisa menekan harga dibandingkan harus membeli bufet atau lemari pajangan.

Rak dinding ini juga sewaktu waktu bisa dipindah dengan mudah atau di tambah sesuai dengan keperluan pemilik rumah. Dengan memanfaatkan ruangan yang ada serta memilih bahan dan warna yang sesuai dipastikan meski hunian minimalis namun bisa mendapatkan kepuasan interior maksimal, dan penghuni akan semakin betah di rumah. (ita)