“Be Tawah” Sambel Pete Pilihan Penikmat Seafood

Denpasar (Bisnis Bali) – Penikmat hidangan seafood pasti tau betul jenis ikan laut yang satu ini. Masyarakat lokal Bali menyebutnya be tawah, biasanya ikan jenis ini banyak dijumpai di pesisir selatan pantai di Bali.

Restoran seafood di daerah Serangan dan Sanur juga banyak menawarkan be tawah sebagai menu andalan, seperti di Warung Tepi Pasih Serangan. Olahan be tawah ini menjadi dalah satu favorit pengunjung yang ingin menikmati langsung tangkapan nelayan lokal di daerah serangan.

Di Warung Tepi Pasih serangan salah satu olahan be tawah yang banyak digemari adalah be tawah goreng sambel pete. “Selain dimasak menjadi sop ikan, be tawah ini juga enak digoreng dan disantap bersama sambel dan sayur plecing, salah satu sambel yang jadi juara di tempat makan ini adalah sambel pete,” ujar Ni Wayan Miyasti, owner Warung Tepi Pasih Serangan.

Seperti ikan laut lainnya be tawah ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin. Jadi meski tanpa diberi bumbu dan digoreng biasa, ikan ini tetap terasa enak dan mantap. Untuk penikmat ikan laut sambel pete ini pastinya akan jadi pilihan, pedasnya rasa sambal ditambah rasa pete yang khas sangat pas dicocol dengan be tawah.

“Biasanya satu porsi berisi dua ekor ikan dengan ukuran yang sedang, kalau kita menjual satu porsinya 45 ribu rupiah tapi tergantung ukuran juga. untuk makan satu atau dua orang sepaket ikan ini cukup ditambah nasi hangat dan sayur plecing,” ungkap Wayan Miyasti tersenyum.

Sementara untuk satu kilo be tawah ini dijual seharga 100 ribu rupiah sementara sambel pete yang pedas segar ini dijual 10 ribu rupiah saja. Be tawah ini menjadi menu favorit di Warung Tepi Pasih Serangan serain ikan trinjang dan olahan toro toro. (ita)