Tumbuhkan Wirausaha mesti Dimulai dari Perubahan Mindset

KEMAJUAN satu negara salah satunya ditentukan jumlah wirausahanya yang terus bertumbuh. Meningkatkan wirausaha Bali mesti dimulai dari perubahan mindset generasi muda. Demikian antara lain diungkapkan, pemerhati ekonomi dan sosial, CIA Pemayun, Jumat (23/11).

Dikatakan, wirausaha baru akan membuka lapangan kerja baru dan berarti ada penyerapan tenaga kerja sesuai bidang kerja yang ada. Ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian, di era milenial ini.

“Perekonomian Bali akan naik apabila bertumbuh wirausaha baru  yang kreatif dan cerdas. Jangan hanya bertumpu jadi pegawai saja. Sebaliknya generasi muda harus jeli melihat peluang yang bisa digarap untuk meningkatkan perekonomian,” katanya.

Perubahan mindset yang penting dan lebih awal. Ketika sudah siap untuk terjun dan mampu  membidik peluang yang ada baru dikuatkan dengan permodalan. Di sinilah peran perbankan di daerah untuk meningkatkan perkembangan usaha dengan menyediakan akses modal yang mudah dan cepat. Demikian pemerintah memiliki tugas untuk membina dan mengevaluasi perkembangan wirausaha yang dibina dengan begitu bisa bertumbuh sehat dan baik.

Praktisi ekonomi, Prof. Ramantha menyampaikan tugas pemerintah untuk membina wirausaha dan pelaku UMKM karena mereka bayar pajak untuk itu. Menumbuhkembangan wirausaha juga perlu sinergi semua pihak, swasta, perbankan, dan wirausaha itu sendiri proaktif dalam meningkatkan diri. Pendidikan dan pelatihan wirausaha diharapkan menguatkan SDM Bali, karena tantangan persaingan ke depan makin kompleks. (gun)