Tonny Nainggolan Pacu Kreativitas WBP

LAPAS Kelas II A Denpasar (Lapas Kerobokan) memang tidak kehabisan ide dalam memacu Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) untuk terus aktif dan mampu menunjukkan kreativitasnya, meski berada di dalam jeruji besi. Terbukti, kali ini Lapas Kelas IIA Denpasar menggandeng Antida Music Productions untuk membuat event yang bertajuk “Bali Prison Music Festival (BPMF) 2018”. Bukan sekadar event biasa, BPMF 2018 akan menghadirkan band-band yang masih aktif menyandang status narapidana dari sejumlah lapas yang ada di Bali untuk turut berkompetisi dan menggetarkan panggung acara ini.

Kepala Lapas Kelas IIA Denpasar, Tonny Nainggolan mengatakan pihaknya sebelum peringatan Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham telah berbincang dengan beberapa KUPT Provinsi Bali terkait dengan ide ini. Mereka menyatakan tertarik dan langsung menyepakati hal ini. Adapun rencana awal kegiatan ini diadakan pada 10 November 2018 dalam rangka Hari Pahlawan, tetapi ada beberapa hal yang membutuhkan peninjauan kembali, sehingga diundur menjadi Sabtu, 24 November 2018. “Harapan saya semoga acara ini akan berlangsung setiap tahun dan bertumbuh dengan seni sebagai akarnya, sehingga talenta-talenta yang ada di setiap lapas dapat dikenal dan mampu merambah ke dunia profesional,” ujar Kalapas Tonny Nainggolan.

Ada sekitar 13 band yang ambil bagian pada BPMF 2018 ini, diantaranya dari Lapas Kerobokan, Lapas Bangli, Lapas Tabanan, Lapas Karangasem, RTN Bangli, Lapas Singaraja, RTN Negara, dan Rumah Tahanan Klungkung. Untuk mendapatkan kualitas juara yang bagus, kompetisi ini melibatkan lima juri yang telah berkompeten di bidang musik dan kreativitas, yakni Anom Darsana (Pimpinan Antida Music Productions), Erick EST, JRX SID, Made Adnyana, dan perwakilan dari Band Antrabez. Nantinya, pemenang pertama kompetisi ini akan mendapat kesempatan untuk rekaman single-nya di Antida Music Studio, serta dibuatkan satu video klip. “Acara semacam ini adalah pertama kalinya ada di Indonesia, dan Lapas Kelas IIA Denpasar menjadi pioneer,” imbuh Kalapas Tonny Nainggolan. (dar)