Tim Pembina LPD Buleleng : Maksimalkan dan Tingkatkan Pelayanan

Singaraja (Bisnis Bali) – Setelah melakukan monitoring, evaluasi dan pembinaan kepada 10 LPD di Buleleng, tim pembina berharap LPD di Kabupaten Buleleng terus memaksimalkan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu baik LP-LPD dan BKS untuk makin menggiatkan pendampingan kepada LPD baik dalam bentuk pelatihan, khususnya tentang analisa kredit kepada pengurus LPD. Hal itu dipaparkan Kepala Bagian (Kabag) Ekbang Kabupaten Buleleng Desak Putu Rupati, SH ketika di konfirmasi Jumat (23/11) siang.

Dari beberapa LPD yang sudah dilakukan monitoring, sejauh ini pihaknya mengapresiasi kesigapan pengurus dan pengelola yang sudah melaporkan catatan keuangan secara rutin kepada Lembaga Pemberdayaan – Lembaga Perkreditan Desa (LP-LPD).

Meskipun selama monitoring sejumlah LPD masih menemukan kendala di dalam penyaluran kredit karena keterbatasan pengurus. Namun hal itu tak mempengaruhi pengelolaan LPD. “Bagaimana ke depannya pengurus LPD ditambah untuk memaksimalkan pelayanan,”jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator LP-LPD Kabupaten Buleleng Drs. Nyoman Indrayasa, pembinaan yang dilakukan, untuk memperbaiki kekurangan di masing – masing LPD. Sehingga LPD makin dapat memaksimalkan program atau rencana kerja yang sudah dibahas. “Kita evaluasi apa – apa saja kendala yang mereka temukan di lapangan,”jelasnya.

Sementara itu Ketua BKS LPD Kabupaten Buleleng Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA menjelaskan pihaknya menerima segala masukan dari Tim Pembina LPD dalam hal Kabag Ekbang Kabupaten Buleleng. Untuk penambahan tenaga kerja agar mampu memaksimalkan pengelolaan LPD kedepannya. Karena menurutnya kesiapan SDM dalam mengelola LPD harus ditingkatkan demikian juga dengan Prajuru LPD harus enerjik memperluas ilmu pengetahuan tentang pengelolaan LPD baik dengan melakukan study banding ke LPD yang sudah maju. “Secara bertahap kita akan evaluasi dengan melakukan analisa di masing – masing LPD sebelum dilakukan penambahan tenaga kerja,”jelasnya. (ira)