Endek Prada, Tren untuk Galungan

Denpasar (Bisnis Bali) – Hari Raya Galungan masih satu bulan lagi, namun para produsen busana adat Bali sudah mulai menyiapkan desain terbaru yang diharapkan dapat menjadi tren. Ni Ketut Warti, salah satu produsen busana adat Bali, menyiapkan kamben endek Prada yang dikatakan sangat tinggi peminat.

Endek Prada sebenarnya sudah diluncurkan sejak pelaksanaan Pesta Kesenian Bali beberapa bulan lalu. Namun permintaan endek Prada hingga saat ini masih tetap tinggi, sehingga ia memproduksi lebih banyak untuk persiapan Galungan dan Kuningan.

“Endek Prada ini produk handmade sehingga memang harus kami produksi jauh hari sebelum Galungan. Karena dalam satu hari hanya hasilkan satu kamben, tapi kalau menggunakan teknik print hasilnya tak mau bagus,” terangnya Jumat (23/11) di Denpasar. Pembuatan endek prada, membutuhkan keahlian khusus dengan teknik lukis glitter dan teknik lukis Prada.

Kesan mewah yang ditimbulkan Prada membuat kamben ini banyak peminatnya. “Kalau kamben endek, orang sudah biasa melihatnya. Tapi dengan kombinasi Prada di bagian depan, membuat kamben endek terlihat semakin mewah dan elegan,” tukasnya.

Kamben prada yang dibuat menggunakan motif bunga karena lebih banyak peminatnya. “Kalau motif bunga lebih cepat laku. Sedangkan motif binatang atau benda-benda sakral agak susah dijual,” alasanya. Desain Prada yang digunakan memang sangat menentukan permintaan konsumen. Karenanya ia membuat berbagai desain yang memang mengikuti selera konsumen.

Terkait target market, ia mengaku kalangan menengah ke atas. “Proses pembuatan Prada yang handmade membuat ongkos produksi tinggi. Makanya harga jual juga cukup tinggi dan hanya terjangkau oleh kalangan menengah ke atas,” ungkapnya. Karena segmen pasar ini, memang yang bisa menjangkau produk buatannya sehingga pemasaran juga lebih banyak dilakukan di butik – butik elite yang banyak di kawasan Sanur dan Renon, serta daerah lainnya. (pur)