Ayam Suwir Sambel Matah, Rasa Istimewa

Denpasar (Bisnis Bali) –  Ayam menjadi lauk yang umum dikonsumsi masyarakat kita, selain mudah didapatkan dan harga yang relatif terjangkau, ayam juga sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, baik modern ataupun tradisional.

Bisa diolah jadi berbagai menu, membuat ayam menjadi salah satu lauk favorit. Hal ini diungkapkan Dewi Ratih pemilik usaha cathering di denpasar. Menurutnya, daging ayam mudah diolah dan digemari masyarakat dari semua kalangan.

“Kalau untuk hidangan sehari-hari, ayam tampaknya menjadi lauk yang umum. Banyak yang pesan olahan ayam karena ga ngebosenin, yang penting kreasi dan cara kita mengolah tepat,” jelas Dewi Ratih. Mulai dari digoreng, dibumbu balado hingga dimasak berkuah seperti untuk gerangasem, gulai, rawon, soto dan masih banyak lagi.

“Kalau yang paling digemari, saat ini untuk olahan ayam salah satunya suwir bumbu sambel matah. Rasa bumbu khas sambel matah apalagi rasa yang agak pedas dan dibalur dengan minyak kelapa asli, dipastikan sangat menggugah selera,” tambahnya.

Bumbu ayam suwir sambel matah ini juga sangat gampang, bawang merah, cabai rawit yang semuanya dipotong tipis, lalu diberi terasi yang sudah di bakar, potongan daun jeruk serta perasan jeruk limau, semua bahan dicampur dan di aduk rata, beri garam dan penyedap. Terakhir baru di balur dengan minyak kelapa asli, pasti bikin ketagihan.

Ayam suwir bumbu sambel matah ini sangat pas disantap dengan nasi hangat, sayur urap, kacang tanah goreng. Menu pendamping yang sederhana tapi karena rasa ayam suwir sambel matah yang istimewa semua jadi mantap.

Menu ayam suwir sambel matah ini seminggu dibuat 2 sampai 3 kali untuk menh catheringannya baik rantangan ataupun nasi campur. Meski tergolong menu rumahan tapi kuliner ayam suwir samnel matah ini juara. (ita)