Sambut Hari Raya, Peluang Tingkatkan Penghasilan bagi Pengusaha Fashion

MENYAMBUT hari raya Galungan, Kuningan, Natal dan Tahun Baru (Nataru), memberikan peluang bagi pengusaha terkait, untuk mendatangkan omset yang lebih dari hari-hari biasa. Tidak hanya pedagang kebutuhan upakara atau pedagang kebutuhan pokok, pengusaha fashion pun turut andil dalam peningkatan transaksi. Seperti apa?

Kebutuhan akan fashion, mulai dari alas kaki, pakaian hingga asesoris lainnya menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan, dimana masyarakat ingin terlihat menarik saat hari raya. Hal ini pun memberi peluang bagi pengusaha terkait untuk berlomba-lomba meningkatkan penghasilan. Berbagai jenis inovasi produk untuk menarik minat masyarakat pun disedikan. Tidak hanya itu, peningkatan jumlah stok dari hari-hari biasa sudah mulai dilakukan.

Salah seorang pemilik butik pakaian adat Bali di Jalan Tukad Batanghari, Renon, Denpasar, Mirah Krsnayanthi, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan stok pakaian 100 persen lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Beberapa produk yang paling banyak disediakannya yaitu kebaya dengan warna putih dan jenis kamen jadi. Adapun untuk menarik minat pembeli, dia pun memberikan diskon untuk beberapa jenis produk, mulai dari 10 hingga 50 persen. “Pemberian diskon memang rutin kami lakukan jelang-jelang hari raya, untuk memanjakan konsumen dan sebagai bentuk terimakasih kami karena sudah menjadi pelanggan,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk permintaan saat ini sudah mulai ramai dan puncak keramaian akan berlangsung pada 3 minggu sebelum Galungan Hingga H-2 Galungan. Permintaan tentunya lebih banyak ke pakaian berwarna putih, yang digunakan untuk kegiatan persembahyangan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp70.000 per pcs.

Tak kalah menarik, pengusaha perhiasan, juga telah melakukan persiapan. Salah seorang pengusaha perhiasan di Gianyar, Ni Putu Sudiadnyani atau dikenal dengan Bara Silver mengaku berbagai jenis perhiasan untuk menyambut hari raya Galungan dan Kuningan sudah disiapkan. “Terutama giwang yang kami siapkan cukup banyak dengan beragam pilihan untuk menyambut hari raya ini,” ungkapnya.

Penambahan stok juga sudah dilakukan oleh pengusaha alas kaki, Dwi Handayani. Produk alas kaki yang disediakannya lebih kepada jenis sandal wedges dengan berbagai pilihan. Diakuinya, menyambut hari raya ini, sekitar 200 pasang wedges sudah disiapkan, dan sebagian diantaranya sudah habis terjual.

“Kami masih lakukan tambahan stok kembali, untuk memenuhi pemrintaan konsumen mendekati Galungan nanti,” ujarnya.

Diapun memberikan tambahan diskon untuk momen hari raya ini. Diskon yang diberikan hingga 20 persen untuk setiap produk. Harga yang ditawarkan untuk jenis sandal wedges ini mulai dari Rp225.000 untuk bahan sitentis dan Rp250.000 untuk bahan kulit.

Menyambut Hari Raya Galungan yang berbarengan dengan Nataru ini pun memberikan peluang lebih banyak pada pusat perbelanjaan di Bali, salah satunya, Matahari Duta Plaza. Asisten Manager Matahari Duta Plaza, Tri Eka Ratna Dewi, mengatakan, pihaknya bahkan menyedikan dua kali lipat produk fashion pada perayaan hari raya saat ini, dibandingkan Nataru sebelumnya. “Karena ini haru raya besar keagamaan ada dua, produk yang kami sediakan dua kali lipat lebih banyak,” ungkapnya.

Jelang momen hari raya seperti ini, transaksi di tempatnya bertambah hingga 30 persen dibandingkan pada hari-hari biasa. Dan untuk kali ini pihaknya memprediksi peningkatan transaksi menjadi 40 persen lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. “Kami optimis bisa lebih dari 40 persen karena nataru kali ini berbarengan dengan Galungan,” ungkapnya.

Saat ini, diakuinya, persiapan menyambut hari raya sudah mulai dilakukan, yang dimulai dari setting tempat, khususnya fashion anak-anak. Untuk persiapan Galungan, akan dilakukan dari 3 minggu sebelum hari H.  (wid)