SIDANG PARIPURNA - DPRD Gianyar menggelar Sidang Paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati Gianyar atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD.

Gianyar (Bisnis Bali) – Dewan Perwakilan Kabupaten (DPRD) Gianyar menggelar Sidang Paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati Gianyar atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD yang telah disampaikan pada 12 Nopember 2018 tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2019. Sidang dibuka Ketua DPRD Gianyar Drs Wayan Tagel Winarta di Ruang Sidang DPRD GIanyar.

Sidang dihadiri 35 orang anggota dewan, izin sebanyak 5 orang dan telah dinyatakan kuorum oleh pimpinan sidang Ketua DPRD Wayan Tagel Winarta. Bupati Gianyar I Made Mahayastra,SST.Par.MAP pada kesempatan itu secara berurutan menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum  fraksi.

Diawali jawaban atas pandangan umum dari Partai PDI Perjuangan, Bupati Gianyar Mahayastra menjawab terkait aspek pendapatan, Pemkab Gianyar telah menetapkan target PAD didasarkan pada potensi pajak daerah dan retribusi daerah dengan memperhatikan perkiraan pertumbuhan ekonomi, keamanan, realisasi tahun sebelumnya serta pertumbuhan potensi wajib pajak baru.

Ini juga menjawab pemandangan umum dari fraksi Partai Golkar, Partai Demokrat. Dipaparkan untuk meningkatkan PAD melalui peningkatan sarana dan prasarna pendukung, meningkatkan profesionalisme SDM, sudah dilaksanakan system pengelolaan pendapatan secara online.

Di samping itu juga telah dilaksanakan revisi regulasi terkait dengan obyek pajak daerah dan obyek retribusi daerah serta pembentukan Tim sat Gas penertiban pajak dan retribusi daerah.

Terkait potensi obyek pajak dan retribusi yang belum optimal dan belum sesuai dengan harapan dan berpotensi terjadi kebocoran adalah wajib pajak yang belum berijin dan belum terdaftar sebagai wajib pajak daerah dan retribusi daerah. Terkait hal tersebut, Pemkab. Gianyar  telah melakukan beberapa terobosan seperti wajib pajak online maupun penyederhanaan mekanisme pelayanan.

Di bidang pendidikan, Bupati Mahyastra menjawab pemandangan umum dari partai PDIPerjuangan, Fraksi Partai Demokrat dan fraksi Golkar. Untuk bidang pendidikan telah dialokasikan sebesar 20,17 persen ini sudh mengacu pada ketentuan peraturan per undang-undangan.

Untuk tahun anggaran 2019 Pemkab. Gianyar akan mengawali dengan pembangunan gedung sekolah baru SD 8 Batubulan dan SMP 4 Sukawati. Untuk penyelengaraan bus sekolah telah dianggarkan dalam APBD mulai tahun anggaran 2018 sedangkan cakupan pelayanannya meliputi 7 kecamatan mengacu pada kajian pengelolaan bus sekolah.

Untuk arah pembangunan infrastruktur Kabupaten Gianyar, menjawab pemandangan umum fraksiPartai Golkar, Partai Dekmorat, Partai Gerindra dan Partai Hanura  Nasdem, Bupati Mahayastra memaparkan kebijakan dan straegi langkah yang akan diambil dalam mempercepat pembangunan ifrastruktur untuk meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, menumbuhkan entrepreneur baru, meningkatkan daya beli masyarakat dan meningkakan pertumbuhan ekonomi melaui revitalisasi pasar, pembangunan sarana dan prasaran kesehatan dan lain-lain.

Di bidang kesehatan, Bupati Gianyar menjawab pemandangan umum yang hampir ditanyakan semua fraksi, Bupati Mahayastra menegaskan untuk meningkatkan derajat kesehatan secara berkelanjutan, strategi yang dilakukan oleh Pemkab. Gianyar adalah dengan membagun RS tipe C di Payangan dalam rangka penyediaan bed ssuai standar kebutuhan. Pembangunan RSUD Payangan didanai melalui pinjaman pada PT Bank Pembangunan daerah Bali dengan jangka waktu pinjaman 4 tahun dan pembayaran tiap bulan.

Gianyar juga  merevitalisasi RSUD Sanjiwani Gianyar pada tahun anggran 2019 telah diangarkan pembangunan gedung rawat inap dengan kapasitas 300 tempat tidur dan peningkatan alkes serta penyediaan ruang inap berstandar internasional.  Disamping itu juga mengoptimalkan pelayanan BPJS.

Di bidang ekonomi,telah dilakukan swasembada pangan dengan melaksanakan intensifikasi pertanian dengan pembrian subsidi pupuk dan bibit unggul serta memperbaiki sarana dan prasara pertanian. Disamping itu juga telah dilakukan revitalisasi beberapa pasar umum dan pasar di Gianyar. sedagkan untuk lingkungan Hidup pemkab.

Gianyar juga telah mengoptimlkan penanganan dan pengurangan sampah, mulai dari sumbernya. Membangun Tempat pengelolaan sampah terpadu dan bank sampah diberbagai daerah disamping juga membangun Kebun raya Gianyar untuk perlindungan flora dan fauna.

Disamping itu juga Bupati Gianyar juga memaparkan secara umum  atas tangapan, pertanyaan, usul dan saran terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Gianyar.  (kup)