PERMODALAN merupakan hal penting untuk tumbuh kembang usaha kecil menengah (UKM). Terutama yang bergerak di bisnis perhiasan emas yang memerlukan material bermutu dan harus diakses dalam jumlah besar. Demikian pengurus Kadin Buleleng, Artiningsih, baru – baru ini.

Akses permodalan utamanya di bank daerah yang sepantasnya peduli dan berpihak pada UKM. Sebab UKM Bali yang bergerak di berbagai bidang usaha salah satu bidang perhiasan memiliki prospek cerah baik di pasar dalam maupun ekspor.

Menyikapi permintaan dalam jumlah besar, tentu saja indikator permodalan cukup menentukan. Terutama dalam menjaga kontinuitas dan ketersediaan material bermutu sehingga mampu bersaing secara optimal di pasar bebas.  Dia juga mengharapkan penguatan permodalan bisa diikuti inovasi para pemotif dengan demikian akan makin menguatkan daya saing produk menghadapi dinamisnya selera pasar.

Hal senada diungkapkan pebisnis perhiasan Bali. Nyoman Rupadana. Katanya bisnis perhiasan memiliki peluang pasar terbuka. Menguatkan UKM dalam bentuk pinjaman lunak diharapkan makin meningkatkan daya saing produk, karena pasokan bahan baku berkualitas menjadikan produksi lancar dan mampu eksis secara berkesinambungan.

Akses permodalan di bank daerah berupa KUR dan lainnya diharapkan mudah diakses dan menguntungkan semua pihak. Ini akan menjadi sinergi yang baik dalam meningkatkan perekonomian di tengah persaingan yang ketat.

Selain hal itu, peningkatan kualitas SDM diharapkan mampu memberikan dampak positif pada lahirnya produk berkualitas yang mampu meningkatkan harga jual sehingga potensi keuntungan yang bisa diraih lebih optimal.  (gun)