Denpasar (Bisnis Bali) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Denpasar terus berupaya meningkatkan program perencaan pembangunan di Kota Denpasar sehingga pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Untuk itu Bappeda Kota Denpasar mengajak  pegawai perencanaan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar untuk melakukan studi tiru ke Kota Palembang, Selasa (19/11).

Rombongan Bappeda Kota Denpasar yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya diterima Kepala Bappeda dan Litbang Kota Palembang Harrey Hadi bersama jajarannya.

Eddy Mulya menyampaikan, selama ini mereka telah melakukan perencanaan dengan baik namun perlu ditingkatkan. “Untuk itu kami sengaja melakukan studi tiru ke Kota Palembang. Mengingat Kota Palembang telah mampu meraih prestasi pembangunan daerah tingkat nasional dalam perencanaan pembangunan,” ujar Eddy Mulya.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Palembang Harrey Hadi menyampaikan, dalam membuat perencanaan pembangunan harus sesuai dengan perencanaan pemerintah pusat dan provinsi. Di samping itu perencanaan yang dibuat benar-benar terukur dari proses pembangunan yang telah dilaksanakan serta hasil dari pembangunan apakah sudah sesuai dengan perencanaan awal.

Untuk mengevaluasi perencanaan tentunya dapat dilihat dari hasil pembangunan yang bisa dibandingkan dengan pembangunan tahun-tahun sebelumnya.

Harrey Hadi juga menyampaikan, selain perencanaan dan proses pembangunan yang dilaksanakan dengan baik, ada hal yang tak kalah penting yaitu bagaimana membuat suatu inovasi untuk melengkapi perencaan pembangunan.

“Saya yakin Pemerintah Kota Denpasar telah banyak mempunyai berbagai inovasi. Namun semua itu perlu dituangkan dengan benar sehingga bisa sejalan dengan perencanaan awal,” ujarnya.

Selama ini kelemahan yang sering dilakukan, tak bisa mendokumentasi dengan baik. Tentunya asas kemanfaatan juga menjadi perhatian, sehingga masyarkat benar-benar merasakan dampak terhadap perencanaan hingga proses dan hasil pembangunan. Keberhasilan pembangunan juga tak terlepas dari keterlibatan masyarakat dan tidak kalah pentingya pihak swasta melalui cooporate social resposibility (CSR). (sta)