Rias Pengantin Bali Modifikasi tak Kalah Populer

Denpasar (Bisnis Bali) – Jasa rias pengantin Bali modifikasi kini tak kalah populer setelah rias agung. Selain lebih modern, perias juga bisa berinovasi sehingga menghasilkan riasan yang menarik dan nyaman bagi pengguna jasa. Demikian perias pengantin Bali modifikasi, Ni Luh Kartini, Minggu (18/11).

Rias modifikasi tetap harus mencerminkan budaya Bali. Namun demikian pakem – pakemnya tak sekaku rias agung. Misalnya rias modifikasi bisa menggunakan atasan kebaya, atau safari bagi laki – laki, dan bawahan bisa menggunakan kain endri, batik, dan lainnya jadi tak harus songket.

Demikian penggunaan aksesori pada rias modifikasi lebih bebas, tergantung permintaan pengguna jasa, atau merupakan inovasi perias. Misalnya aksesori emas, perak, dan lainnya sehingga lebih modern dan menarik.  Untuk rias kepala pada rias modifikasi juga tak mesti menggunakan gelungan, tapi cukup destar, dan pengantin wanita bisa menggunakan hiasan kepala yang disukai, misal aksesori bunga hidup, emas, dan lainnya.

Menurutnya rias modifikasi memiliki daya tarik tersendiri selain tarifnya relatif lebih murah, perias juga bisa lebih bebas berkreasi. Ini menyebabkan rias satu ini makin diminati pasangan penantin. Dia optimis karena rias modifikasi lebih nyaman digunakan maka akan memberikan peluang untuk booming. Terutama di kalangan pengguna jasa perkotaan yang berkembang pola hidup praktis dan ekonomis.

Tarif rias modifikasi mulai Rp 23 juta – Rp5 juta per pasang. Dengan promosi yang gencar model rias ini akan makin populer seiring perkembangan zaman. Seni budaya Bali tetap melekat dalam rias ini namun lebih kepada pembaharuan karena menggunakan unsur simpel dan ekonomis.

Hal senada disampaikan pebisnis rias pengantin, Ida Ayu Mirah. Menurutnya bisnis kearifan lokal ini baik dikembangkan generasi muda sehingga mampu meningkatkan perekonomian. Lebih – lebih bisnis ini padangpanjang berkembang tak hanya masyarakat Bali tapi tak menutup juga wisatawan yang ingin mencoba untuk acaranya pre wedding, atau sekadar berfose.

Dia optimis bisnis ini akan makin cerah jika layanan yang diberikan makin profesional. Menggeliatnya bisnis ini akan meningkatkan perekonomian. (gun)