Denpasar (Bisnis Bali) – Tren minum kopi saat ini kian menjadi kegemaran masyarakat, yang tak hanya usia tua, namun sudah menyasar ke kalangan anak muda. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya coffe shop dan cafe-cafe yang menyajikan menu kopi. Berbagai inovasi pun diciptakan, salah satunya affogato yang memberikan sensasi berbeda saat minum kopi.

Affogato yang merupakan campuran dari kopi dan es krim vanila sudah mulai digemari masyarakat. Sensasi rasa pahitnya kopi dengan manisnya es krim memberi kenikmatan dalam setiap seruputan. Salah satu coffe shop yang menyajikan affogato yaitu Playboy Coffe yang berada di Jalan Patimura, Denpasar. Sajiannya pun sedikit berbeda dengan penyajian affogato pada umumnya.

Pada umumnya, kopi hitam akan dicampur langsung dengan es krim vanila dalam penyajiannya. Namun khusus di Playboy Coffe, kopi hitam dan es krim vanila di letakan pada tempat terpisah yang nanti akan dicampurkan oleh konsumen sesuai selera.

Pengelola Playboy Coffe, Lena mengatakan, diletakkan secara terpisah dalam penyajian affogato ini, dengan alasan agar konsumen bisa menyesuaikan dengan keinginan. “Karena rasa dari kopi cukup pahit, maka kami berikan konsumen untuk mencampurkan sendiri sesuai selera,” ungkapnya.

Dalam penyajiannya, juga ditambahkan biskuit untuk memberikan rasa manis, setelah menikmati kopi. Adapun dikatakannya, kopi yang digunakan dalam affogato ini adalah campuran jenis arabika dan robusta. “Kopi-kopi di tempat kami memiliki ciri khas yaitu campuran dari 90 persen arabika dan 10 persen robusta yang didapatkan dari perpaduan di 3 wilayah di Indonesia yaitu Bali, Flores dan Gayo (Aceh). Termasuk juga untuk affogato ini kami gunakan campuran tersebut,” katanya.

Ada dua pilihan kopi dalam meniklormati affogato ini, yaitu strong dan soft. Jenis strong memiliki kadar 60 ml kopi sedangkan jenis soft hanya 25 sampai 30 ml kopi. Namun pelanggan dikatakannya lebih suka yang soft, karena untuk strong sensasi rasa yang ditawarkan cukup pahit.

Penggemar dari kopi ini dikatakannya lebih banyak kepada masyarakat usia 30 tahun ke atas, namun tidak jarang juga anak-anak muda menyukainya. harga yang ditawarlan yaitu Rp27.000 per porsi. Beberapa jenis kopi yang juga  menjadi kegemaran masyarakat di tempat ini, yaitu late, cappocino dan jenis lainnya.  (wid)