Hidup Sehat dengan Minum Jamu

Denpasar (Bisnis Bali) – Slogan sehat itu mahal memang benar adanya, tapi sakit pastinya akan lebih mahal. Belum lagi harus minum obat-obatan yang berdampak tak bagus bagi tubuh kita. Untuk mengatasi ini ada solusi yang bisa ditanamkan untuk gaya hidup kita.

Jamu memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kita. Olahan herbal alami yang merupakan rahasia turun temurun dari zaman nenek moyang ini belakangan mulai banyak dikembangkan. Pembuatan serta kemasannya pun sudah makin modern sehingga tak perlu membuatnya sendiri tapi cukup pesan sesuai keperluan dan bisa di dimpan di kulkas.

Salah satu penjual jamu herbal alami Pipit Ayu Kurniawati mengatakan, dewasa ini orang mulai beralih mengkonsumsi jamu. Mengkonsumsi jamu dengan rutin dipercaya mampu menjauhkan kita dari berbagai penyakit dan menyegarkan tubuh.

“Produk yang kita buat jenisnya banyak, ada jamu temu lawak, kunyit bunga, kunyit sirih,kunyit asem, jamu alang-alang, mengkudu serta manjakani, semua bisa di pesan sesuai dengan kebutuhan masing masing. Produk kita alami dan kita racik sendiri tanpa pengawet dan pemanis buatan sehingga sangat aman” ungkap perempuan yang akrab disapa jro Pipit ini.

Prodak jamu yang diberi label Gerobak Jamu Jro ini banyak peminatnya, karena jamu hasil racikannya ini benar-benar pas dan enak. “Kita benar benar menjaga kualitas,jadi bahan harus sesuai dengan takaran. Jadi kalau kurang bahan satu saja kita lebih baik undur produksi karena itu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas rasa dan manfaatnya. Ini kan bukan minuman biasa, karena ada manfaat dan hampir seperti obat yang bersifat alami,jadi mengkonsumsinyapun harus tepat dan sesuai kebutuhan,” tambah pemilik Paon Jro ini.

Jamu ini aman dikonsumsi secara teratur tiap hari dengan dosis yang tepat. Artinya tak berlebih yang justru akan berakibat kurang bagus. “Misalnya saja ada jamu yang fungsinya menurunkan tensi tapi apabila diminum berlebih justru tensi akan sangat rendah, jadi pintar pintar kita memanfaatkannya. Tapi untuk jamu kunyit bisa dikonsumsi kapan saja karena justru akan bermanfaat sebagai detok bagi tubuh serta membuat badan menjadi segar,” ujarnya.

Gerobak Jamu Jro dibuat dalam 3 kemasan, yakni kemasan kecil dengan harga 10 ribu, kemasan sedang atau tanggung 15 ribu dan kemasan besar 30 ribu rupiah. Karena direbus dengan baik dan menggunakan gula asli jamu akan lebih tahan lama,penyimpanan di kulkas juga dikatakan membuat jamu bisa dikonsumsi dan bertahan hingga 1 minggu.

Berikut beberapa manfaat jamu buatan Paon Jro :

  1. Jamu Temulawak bermanfaat untuk mereka yang punya masalah lambung, menguatkan fungsi empedu, menguatkan tulang, serta menguatkan fungsi hati.
  2. Jamu kunyit bunga memiliki beberapa manfaat seperti membantu proses reproduksi bagi mereka yang sedang program hamil, mencerahkan kulit wajah, membersihkan rahim dan memperlancar haid.
  3. Jamu alang-alang memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung, melancarkan peredarana darah, menguatkan ginjal serta menghilangkan pegal.
  4. Jamu mengkudu berfungsi untuk meredakan batuk, menurunkan tensi,serta mencegah rematik.
  5. Jamu Manjakani biasanya dikonsumsi oleh wanita karena memiliki manfaat untuk mengobati keputihan menghilangkan bau tak sedap, merapatkan organ intim serta membersihkan rahim.

Untuk Anda yang ingin hidup sehatakan lebih baik mengkonsumsi obat herbal dulu sebelum memilih obat kimia karena pastinya kedepannya akan lebih baik. (ita)