KOMPETITOR - Untuk mengantisipasi kompetitor tekstil dari luar, konsumen diharapkan bisa didorong untuk menggunakan produk asli lokal.

Tabanan (Bisnis Bali) – Usaha kecil menengah ( UKM) Bali memiliki potensi tak kalah beragam, pun tak sedikit yang merupakan produk unggulan. Salah satunya bisnis kebaya yang memiliki peluang pasar makin berkembang di Bali. Demikian desainer kebaya, Siska, Kamis (15/11).

Owner Million Moda ini menyampaikan, kebaya dengan beragam desain dan motif memang dapat dikatakan produk seni yang bisa semakin diangkat ke permukaan. Hal ini bertujuan agar kebaya khas Bali mampu bersaing dengan produk serupa luar yang tak kalah inovatif dengan harga kompetitif.

Kebaya Bali dengan jenis brokat dan bordiran selama ini jadi pilihan konsumen. Selain hampir setiap saat diperlukan karena maraknya acara perobadatan dan agama di Bali, kebaya juga digunakan untuk acara – acara formal yang dipadupadankan dengan busana bawahan berupa kain songket  endeo  dan lainnya. Acara formal tersebut antara lain wisuda, pelantikan pejabat, dan lainnya.

Menurutnya desainer berpeluang terus berinovasi dengan menghadirkan beragam desain dan motif kebaya sehingga konsumen makin banyak pilihan.  Untuk kebaya brokat memang biasanya banyak dipilih kaula muda. Unsur brokat yang motif – motifnya cukup transparan membuat yang menggunakan tampil seksi.

Apalagi yang memiliki fostur tubuh menarik sehingga bisa memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Sementara jenis kebaya bordiran juga tak kalah menarik sehingga memberikan inspirasi bagi para desainer meningkatkan varian motifnya. Contohnya motif kerawangan, dan lainnya.

Menurutnya bisnis kebaya prospektif di Bali karena bagian dari budaya. Dengan demikian peluang bisnis ini mestinya mamou digarap optimal. Produksi kebaya yang memerlukan keahlian khusus memang perlu mendapatkan perhatian dari pihak terkait. Tak hanya dalam hal pelatihan desain dan motif, tapo juga penguatan permodalan sehingga makin mampu meningkatkan produksi dan pemasaran.

Sebelumnya, desainer Kumala Dewi  menyampaikan bisnis kebaya saat ini lebih efisien dari sisi promosi. Sebab berkembangnya media sosial pebisnis bisa dengan cepat mempromosikan hasil karya mereka sehingga lebih cepat pula mendapatkan respon pasar. Dengan rancang desain menarik serta harga terjangkau bisnis kebaya diyakini makin mampu memberikan manfaat optimal bagi pebisnis.

Dia tak kalah yakin bisnis kebaya sebagai salah satu bisnis kearifan lokal akan mampu mengangkat perekonomian masyarakat di tengah persaingan pasar global.  (gun)