Akupunktur Atasi Berbagai Penyakit

Denpasar (Bisnis Bali) – Terapi akupunktur sudah banyak diketahui masyarakat, namun mereka merasa takut ditusuk dengan jarum. Akupunktur adalah metode pengobatan menggunakan jarum yang ditusukkan pada titik-titik penting di seluruh tubuh.

I Nyoman Sridana, S.Kes.H, pemilik Taru Pramana yang merupakan praktisi akupunktur memaparkan, akupunktur dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutang yang berkaitan dengan otot, syaraf dan penyakit yang disebabkan kurang lancarnya peredaran darah.

“Akupunktur dapat menstimulasi agar peredaran darah menjadi lancar. Kita tusuk jarum akupuntur di daerah ‘yes point’ namanya, setelah ditusuk maka tubuh akan mengirimkan anti body ke bagian yang ditusuk sehingga bagian tubuh yang sakit menjadi sembuh,” paparnya di Renon, Jumat (16/11).

Pada dasarnya akupuntur dilakukan untuk menyeimbangkan energi. Tubuh memiliki jalur energi yang dikenal dengan sebutan meridian. Terapis akan memasukkan jarum pada titik-titik di sepanjang jalur meridian, sehingga aliran energi akan seimbang kembali.

“Dari ilmu kedokteran barat memandang bahwa jarum akupunktur bekerja merangsang saraf dan otot serta mengaktifkan kembali jaringan-jaringan tubuh. Dampaknya adalah peredaran darah semakin lancar dan rangsangan dari jarum dapat merangsang produksi anti body alami tubuh, dengan demikian penyakit-penyakit yang ada pun diharapkan dapat sembuh,” terangnya.

Akupunktur dapat dilakukan sebagai pengobatan tambahan setelah stroke. “Biasanya penderita stroke yang mendapatkan terapi akupuntur mengalami peningkatan kemampuan menggerakkan pergelangan tangan dan bahu, dibandingkan penderita stroke yang tidak mendapatkan terapi ini,” tukasnya.

Nyeri punggung akibat saraf terjepit juga dapat ditanggulangi dengan akupuntur. Penyakit radang sendi atau arthritis bisa diredakan melalui akupunktur. Begitu juga dengan sakit lutut akibat osteoarthritis.

Dikatakan, terapi akupuntur ini juga harus didukung oleh diet sehat yang sesuai dengan nutrisi kebutuhan tubuh. Seperti kaya akan vitamin B, vitamin C  juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. “Jadi karena akupuntur itu memberikan stimulasi harus didukung dengan diet sehat, olah raga dan juga relaksasi menjauhkan diri dari pikiran yang jelimet. Ini adalah sistem penyembuhan tradisional yang holistik,” tandasnya.

Akupunktur berasal dari Tiongkok, namun pengobatan asli Bali menggunaakan jarum sebenarnya sudah ada sejak dulu yang namanya tusuk wesi. Hanya saja menurutnya, belum ada yang meneruskan pengetahuan tersebut sedangkan para pelakunya sudah meninggal sehingga menjadi punah. (pur)