Optimalisasi Penerimaan Pajak, Dua Bank Perkuat Samsat Online

Mangupura (Bisnis Bali) – Kalangan bank umum mendukung program pemerintah melalui pengoptimalan penerimaan pajak lewat samsat online nasional. Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran penerimaan pajak daerah yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan e-channel yang dimiliki bank.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto di Hotel Discovery Kartika Plaza, Kamis (15/11) mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan yang profesional dan menyeluruh kepada pemerintah dan masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Kerja sama bank dengan samsat online nasional merupakan hal yang membanggakan, karena artinya kami dapat berperan aktif mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya dalam penerimaan pajak di Indonesia,” katanya.

Hadirnya layanan samsat online nasional, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat, praktis dan murah melalui seluruh jaringan ATM Link dan internet banking bank BUMN tersebut.

Sementara itu Corporate Secretary BNI Kiryanto menyampaikan BNI E-Samsat merupakan inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui channel ATM. Dengan layanan ini akan terwujud peningkatan pelayanan publik samsat, mulai dari pendaftaran, penetapan, dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), hingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

“Sistem E-Samsat yang kami kembangkan memberikan kemudahan bagi wajib pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak. Cukup dengan menggunakan fasilitas yang disediakan BNI, wajib pajak dapat membayar PKB tahunan miliknya di seluruh ATM milik kami,” ujarnya.

Resi pembayaran dari ATM akan menjadi bukti resmi bahwa wajib pajak kendaraan telah membayar PKB. Wajib pajak dapat mendatangi Kantor Samsat setempat untuk melakukan pengesahan STNK.

Seperti diketahui samsat online nasional merupakan bentuk kerja sama antara Tim Pembina Samsat Nasional (Polri, Kementerian Dalam Negeri, Jasa Raharja), pemerintah provinsi, bank pembangunan daerah dan bank umum nasional atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran penerimaan pajak daerah yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan e-channel bank. (dik)