Atasi Bau Sepatu di Musim Hujan

Denpasar (Bisnis Bali) – Musim hujan telah tiba ketika memasuki November. Bagi sebagian orang, kedatangan musim hujan merupakan berkah, dan pula dianggap membawa hawa sejuk. Namun sebagian lainnya justru menganggap musim hujan menjadi penghalang dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Keluhan yang paling sering muncul saat musim hujan, adalah pakaian rentan basah akibat terkena hujan. Meskipun dicuci, sudah tentu cucian tak bisa kering dengan cepat akibat udara sangat lembab. Cucian yang basah dalam waktu lama, seperti sepatu akan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini menjadi masalah yang tidak bisa dianggap remeh.

Pemilik distro di kawasan Panjer, Febri mengungkapkan sepatu memang sangat mudah berbau menyengat jika pemakaiannya terlalu sering. Terlebih adanya musim hujan membuat sepatu mudah basah dan susah dikeringkan. Namun tak perlu khawatir karena segala masalah pasti ada solusinya. “Ada cara yang efektif agar sepatu tetap dalam keadaan bersih, dan terhindar dari bau yang tak sedap,” kata Febri, saat ditemui Kamis (15/11).

Disebutkan, cara tersebut diantaranya menggunakan teh hitam. Kandungan tannin pada teh hitam dikenal ampuh untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan bau tak sedap di sepatu. Beberapa kantung teh hitam diletakkan di bagian dalam sepatu sebelum dan setelah pemakaian sepatu tersebut.

Cara lain, yaitu menggunakan baking soda. Meletakkan sedikit baking soda ke dalam sepatu selama kurang lebih semalam. Kemudian dibersihkan bila hendak menggunakan sepatu tersebut. Kemampuan baking soda cukup efektif dan cepat dalam menyerap bau tak sedap pada sepatu sehingga kondisi sepatu tetap segar, dan selalu siap untuk digunakan.

“Ada pula cara yang tak lazim, yaitu menyimpan sepatu ke dalam kulkas. Namun kenyataannya bilamana sepatu disimpan ke dalam kulkas mampu menghilangkan bau tak sedap. Ya tentunya sepatu terlebih dahulu dibungkus dengan plastik yang kedap udara,” tuturnya.

Febri menambahkan, jika memiliki persediaan baby powder di rumah bisa juga digunakan untuk menghindarkan bau tak sedap pada sepatu. Dengan mengetahui cara-cara mengatasi bau sepatu maka kita tidak perlu khawatir lagi mengenakan sepatu meski turun hujan.  (dar)