Semarapura (Bisnis Bali) – Guna membantu meningkatkan jumlah produksi dari salah satu inovasi Pemkab Klungkung, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), Pemkab Klungkung mendapatkan bantuan mesin pengolah sampah menjadi pelet dari PT Bank BPD Bali. Penyerahan bantuan CSR Bank BPD Bali berupa mesin pengolah sampah menjadi pelet ini dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana, bertempat di TPA Sente, Dawan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, bantuan mesin dari Bank BPD Bali ini akan sangat membantu produksi pelet hasil inovasi TOSS yang mencapai 400-800kg/jam. “Apabila mesin seperti ini ada 10 buah, maka Kabupaten Klungkung akan dapat memenuhi pesanan dari Indonesia Power berupa 30 ton pelet perbulan dan masalah sampah di Kabupaten Klungkung akan dapat terselesaikan,” ujar Suwirta.

Ia mengajak pemerintah kabupaten/kota di Indoensia untuk melakukan sinergitas dan belajar bersama-sama mengenai TOSS dengan metode Amati Tiru dan Modifikasi (ATM), serta mengharapkan melalui ATM bisa melakukan modifikasi dengan lebih baik.

Sementara Pelaksana Tugas Direktur Utama PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali I Nyoman Sudharma, SH, MH menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari visi dan misi Bank BPD Bali. Hal itu diterjemahkan dalam misi kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya dalam bentuk bantuan CSR, dengan berusaha bersinergi dengan seluruh komponen stakeholder yang ada di Bali, termasuk pemerintahan daerah. (dar)