Pelaku Usaha mulai Siapkan Stok Jelang Galungan

Mangupura (Bisnis Bali) – Mendekati hari raya, khususnya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada Desember mendatang, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan pelaku usaha. Salah satunya usaha fashion khususnya sandal, telah  menyiapkan stok kebutuhan hari raya.

Salah seorang pengusaha sandal dan sepatu di wilayah Dalung, Kuta Utara, Badung, Dwi Handayani, saat ditemui, Rabu (14/11) mengatakan, telah menyiapkan sekitar 200 pasang sandal untuk permintaan Hari Raya Galungan. “Dan banyak yang sudah laku terjual,” ungkapnya, sembari mengatakan saat ini tengah menyiapkan stok kembali, mengingat akan banyak lagi permintaan mendekati Galungan nanti.

Lonjakan permintaan akan terjadi pada 2 minggu sebelum Galungan dan ramainya permintaan masih akan terjadi pada H-2 Galungan. Menurutnya, fashion memang menjadi  kebutuhan bagi sebagian masyarakat menjelang hari raya. Tak hanya sandal, beberapa jenis fashion lainnya pun ramai permintaan terutama busana adat termasuk juga jenis pakaian casual. “Ini karena banyak masyarakat yang ingin berpenampilan menarik saat hari raya,” ujarnya.

Hal itupun memberi kesempatan bagi para pelaku usaha fashion untuk meningkatkan omsetnya. Diungkapnnya, 200 pasang sandal yang disiapkan merupakan jenis wedges yang memang menjadi dominasi permintaan di Bali. “Kami sesuaikan dengan permintaan, karena di Bali khususnya untuk hari raya keagamaan, permintaan lebih kepada wedges yang memberikan sifat elegan,” ujarnya.

Disinggung soal harga, yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp225.000 per pasang dengan bahan sitentis dan Rp250.000 per pasang untuk bahan kulit. Ukuran hak yang disediakan adalah hak 9 cm. Khusus menyambut hari raya Galungan ini, dia pun memberikan diskon hingga 20 persen untuk pelanggannya. (wid)