TINJAU - Wabup Sanjaya meninjau beragam jenis tanaman bonsai pada ajang pameran dan kontes bonsai Nasional 2018.

Tabanan (Bisnis Bali) – 350 Bonsai dari berbagi jenis ramaikan pameran dan kontes bonsai Nasional 2018 yang digelar di Kabupaten Tabanan. Kontes yang berlangsung  pada 11-18 Nopember itu dibuka Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya Selasa,(13/11)  di Lapangan Dangin Carik, Tabanan.

Ketua Panitia yang juga Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tabanan I Wayan Supranata menjelaskan, kegiatan pameran dan kontas bonsai Nasional di Kabupaten Tabanan 2018 dirangkaikan dengan perayaan HUT Kota Tabanan ke 525. Ajang tersebut dimulai pada11, dan penjurian selama dua hari.  Yakni, dari tanggal 12 hingga 13 Nopember.

“Peserta pameran dan kontes dibuka untuk umum. Penilaiannya terdiri dari 4 kriteria yaitu gerak dasar, kematangan, keserasian dan penampilan,” terangnya.

Pameran dan kontes dibagi menjadi 4 kelas, kelas prospek,regional, madya dan utama. Hasil penjurian dibedakan di masing-masing kelas dan dicari best in show atau kelas terbaik dari keseluruhan kelas.

Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya, memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Harapannya, inovasi dan kegiatan seperti ajang tersebut terus dikembangkan karena dapat membantu pelestarian lingkungan, penyaluran hobi dan sekaligus sebagai sumber penghasilan.

Diperlukan  komitmen dan kerjasama semua pihak dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mewujudkan Tabanan yang bersih dan hijau. Hal ini juga merupakan salah satu syarat dalam mencapai tujuan utama, yaitu untuk mewujudkan Tabanan yang serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi.

Di kesempatan itu Wakil Bupati juga menyerahkan dana tali kasih Rp5 juta. Selain itu, ia juga berkesempatan  menancapkan bendera pada bonsai  yang dinyatakan sebagai best in show atau Bonsai terbaik dari semua kategori. (man)