Dian Ekawati, Tekan Angka Kematian

TINGGINYA kematian perempuan yang disebabkan oleh kanker, terutama kanker payudara merupakan suatu persoalan yang harus mendapat perhatian lebih. Pentingnya mengetahui tentang faktor-faktor risiko kanker dan penanganan sejak dini menjadi suatu hal yang bisa menekan angka kematian. Hal itu yang membuat wanita yang bernama dr. Putu Dian Ekawati, MPH kian memberikan edukasi kepada masyarakat.

Saat ditemui Selasa (13/11) lalu, dia menilai, kanker payudara menempati urutan tertinggi yang menyebabkan kematian bagi perempuan dibandingkan jenis kanker lainnya. Dan wanita memiliki ancaman yang sangat besar terhadap salah satu jenis penyakit yang mematikan ini. Di RS Sanglah tercatat hingga Oktober 2018 jumlah pasien kanker payudara mencapai 942 orang.

Mirisnya, 70 persen pasien yang datang ke rumah sakit untuk memeriksanakan diri adalah meraka yang sudah dalam keadaan stadium lanjut, sehingga peluang untuk kembali sehat sangat kecil. “Padahal jika  dideteksi sejak dini mampu memberi harapan untuk sembuh dan hidup lebih lama lagi,” ungkapnya.

Dengan demikian, sangat perlu dirasakannya untuk mengedekasi masyarakat, terkait pola hidup sehat dan mengetahui risiko penyebab kanker, seperti halnya menghindari rokok, mengkonsumsi makanan yang sehat dan sebagainya.

Demikian juga memeriksakan diri secara berkala menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah kanker dalam hidup seseorang. Di samping itu, Direktur RSU Prima Medika Denpasar ini menyatakan kesiapan rumah sakit untuk menjadi one stop solution dalam penatalaksanaan kanker di Bali juga menjadi perhatian.

”RSU Prima Medika berkomitmen terhadap perawatan pasien kanker payudara. Melalui Endarwati Cancer Center di RSU Prima Medika, kami siap mendampingi pasien melalui setiap tahapan pengobatan dengan pendekatan yang mengutamakan keamanan serta kenyamanan pasien melalui peralatan diagnostik yang lengkap, dokter spesialis onkologi, serta obat-obatan yang mutakhir sesuai standar medis,” ungkapnya.

Termasuk obat kanker payudara HER2 positif trastuzumab subkutan yang diberikan melalui injeksi sehingga dapat mengurangi waktu pasien berobat dan bisa menggunakannya untuk bersama keluarga dan orang-orang terkasih. (wid)