AKSI - Pengurus dan karyawan LPD se-Bali tengah melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Purnama dan Pura Erjeruk.

Gianyar (Bisnis Bali) – Menyambut HUT ke-34, LPD Bali menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Purnama, Sukawati, Gianyar, pada Minggu (11/11) lalu. Pada kegiatan ini juga dibarengi dengan persembahyangan bersama dan ngayah di Pura Erjeruk  bertepatan dengan Piodalan yang jatuh pada 30 Januari 2019 mendatang.

Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, SH., M.Si, didampingi Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali, I Nyoman Arnaya, S.E., mengatakan, kegiatan mengajak seluruh pengurus karyawan LPD se-Bali, merupakan implementasi dari konsep Tri Hita Karana khususnya dalam bidang palemahan (hubungan harmonis antara manusia dengan lingkungan). Selain merupakan  gagasan yang diusung dalam perayaan HUT, konsep Tri Hita Karana juga dijadikan patokan dalam program seluruh LPD di Bali.

Cendikiawan menambahkan, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan LPD Bali terhadap program pemerintah provinsi yang ikut menjaga keasrian dan kelestarian  lingkungan terutama areal pantai agar bebas dari sampah. “Tidak hanya pada kesempatan  hari ulang tahun, kedepan, LPD Bali akan komit terus melakukan aksi nyata peduli lingkungan di seluruh Bali,” terangnya.

Kegiatan bersih-bersih diawali dengan memungut dan membersihkan sampah di sepanjang bibir Pantai Purnama. Dalam aksi ini, terkumpul puluhan kantong plastik berisikan sampah mulai dari  sisa kayu, upakara serta sampah plastik. Tak hanya di areal Pantai Purnama, pengurus dan karyawan LPD se-Bali juga membersihkan areal pura Erjeruk serta ikut ngaturang ayah bersama warga Desa Sukawati.

Sementara itu, Ketua BKS LPD Kabupaten Gianyar yang juga sebagai Ketua Panita HUT LPD Bali ke-34, Wayan Artana mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan dalam perayaan HUT ke-34 LPD Bali yang dikemas dalam konsep Tri Hita Karana. Serangkaian kegiatan akan terus berlangsung hingga 25 November mendatang. (wid)