Singaraja (Bisnis Bali) – Museum Buleleng menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Bali Utara karena memiliki nilai historis Bali Utara pada masa lampau. Berbagai koleksi peninggalan bersejarah hingga kini masih menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Bali Utara.

Apalagi saat ini pengelolaan Museum Buleleng di bawah Dinas Kebudayaan (Disbud) Buleleng, diharapkan makin tertata serta mendapat perhatian penuh terhadap keberadaan benda-benda bersejarah di museum tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan Gede Komang, M.Si menyatakan, aset museum tetap menjadi kepemilikan pihak Yayasan Pelestarian Warisan Budaya Bali Utara (YPWBBU). “Bukan diambil alih lebih kepada tata kelola, karena beberapa tahun belakangan ini penataan yang kurang maksimal mengingat pendiri sudah tua juga biaya operasional yang tak ada sehingga seolah – olah seperti terlantar,” jelasnya.

Mengingat Museum Buleleng memiliki nilai sejarah, tata kelola ini juga merupakan salah satu usulan sejumlah masyarakat termasuk budayawan dan legislatif agar benda bersejarah di museum bisa terjaga dengan baik. (ira)