Triwulan III, Struktur Pendanaan Bank kian Membaik

Denpasar (Bisnis Bali) – Struktur pendanaan bank hingga September 2018 menunjukkan pertumbuhan yang terus membaik. Itu  tercermin oleh komposisi giro dan tabungan atau current account saving account (CASA) yang mencakup hampir dari setengah komposisi total pendanaan Bank Danamon.

Pemimpin Regional Bank Danamon Bali dan Nusa Tenggara I Gusti Agus Indrawan di kawasan Sanur, Selasa (7/11) sore mengatakan, salah satu inisiatif strategis yang diterapkan bank dengan meningkatkan layanan digital. Hal ini juga telah dibuktikan melalui penghargaan dari institusi lokal maupun internasional terkemukseperti Best Digital Bank Indonesia dua kali berturut-turut oleh majalah Asiamoney.

“Pengakuan ini menunjukkan tingkat standar layanan kami kepada nasabah, dengan dukungan praktek terbaik dan inovasi teknologi terkini,” katanya.

Kinerja bank secara nasional, pertumbuhan CASA naik 3 persen menjadi Rp49,1 triliun, sedangkan dari sisi rasio CASA membaik menjadi 49,1 persen dari 47,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya karena peningkatan rekening tabungan yang bersifat granular. Sementara dari sisi deposito tercatat turun 3 persen menjadi Rp50,9 triliun, karena bank melakukan pelepasan dana mahal. Struktur pendanaan yang lebih baik ini menghasilkan biaya dana (cost of fund) yang lebih rendah serta membangun fondasi yang baik untuk pertumbuhan ke depannya.

Secara nasional, Gus Lopez biasa ia disapa menerangkan hingga triwulan III 2018, kredit untuk segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan consumer mortgage atau kredit pemilikan rumah (KPR) terus bertumbuh, sementara pembiayaan kendaraan bermotor mulai membukukan pertumbuhan double digit dibandingkan setahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, laba bersih setelah pajak (NPAT) Bank Danamon pada sembilan bulan pertama 2018 berada pada posisi stabil dibandingkan dengan setahun sebelumnya Rp3 triliun.

“Kredit di segmen perbankan UKM tumbuh 11 persen menjadi Rp30,5 triliun, sementara kredit KPR tumbuh 35 persen menjadi Rp7,3 triliun,” paparnya.

Pertumbuhan kredit di segmen kunci didukung oleh ; pertumbuhan dua digit di pembiayaan kendaraan bermotor sampai dengan kuartal ketiga pada 2018, total portofolio kredit dan trade finance Bank Danamon tumbuh 6 persen menjadi Rp134,3 triliun, dibandingkan Rp126,9 triliun pada periode yang sama 2017. (dik)