Salad Buah Cocok untuk Menu Diet

Denpasar (Bisnis Bali) –  Sebagian besar masyarakat kita mungkin masih suka menikmati buah dengan mengkonsumsinya langsung. Cara ini mungkin dirasa sangat praktis dan efisien. Namun tentu akan berbeda halnya bagi mereka yang kurang senang makan buah utamanya bagi anak-anak.

Meski buah memiliki beragam nilai gizi yang alami dan sangat bermanfaat bagi tubuh, namun beberapa orang masih enggan mengkonsumsinya. Beberapa jenis buah mungkin memiliki rasa yang ekstrem. Seperti lemon yang pastinya sangat asam, strawberi yang asam manis, alpukat yang legit, melon yang terkadang rasanya hambar dan masih banyak lagi. Namun dengan kreativitas, menikmati buah bisa lebih asik tanpa menghilangkan kandungan gizi alaminya.

Salah satu cara mengolah buah agar lebih enak dan segar dinikmati adalah menyulapnya menjadi salad buah. Seperti yang dilakukan Antina Dewi, salah seorang penjual salad buah ini. “Awalnya saya buka toko buah, namun banyak pelanggan yang ingin menikmati bermacam buah tapi merasa ribet untuk membeli semuanya, alasannya takut cepat busuk atau kebanyakan. Jadilah saya siasati dengan mencoba menjual buah potong,” ungkap Antina.

Namun ia juga mengatakan terkadang beberapa buah seperti pepaya, melon, dan semangka rasanya kurang manis apabila dimakan langsung, selain itu untuk jenis buah seperti apel, staruberi tentu tidak cantik apabila dijual dengan dipotong begitu saja.

“Saya coba mix buah-buahan yang ada menjadi salad buah, buah yang sudah di potong, di tempati dalam sebuah cup sesuai ukuran lalu ditambahkan dengan yougurt, susu kental manis, nata de coco, dan diberi garnis parutan keju ternyata cantik, selain itu harga jualnya juga jadi tinggi. Apalagi setelah itu dimasukkan ke kulkas, salad buah dalam kondisi segar sangat enak sekali,” jelasnya.

Salad ini cocok dinikmati kapan saja. “Pagi-siang-malam sangat pas, apalagi untuk mereka yang mengaku sedang menjalankan program diet, menu salad ini dijamin akan mengenyangkan tapi tidak bikin gemuk.”

Ukuran cup atau wadahnya juga dibuat beragam dari mulai ukuran cup kecil dijual dengan harga Rp10 ribu, cup sedang Rp15 ribu hingga cup besar dengan harga Rp20 ribu. Buahnya juga beragam dan variatif sehingga penikmatnya tidak akan bosan dengan buah itu-itu saja. (ita)