Bisnis Rumah Elite masih Potensial

Tabanan (Bisnis Bali) – Bisnis perumahan elite tak kalah prospektif karena diminati kalangan investor luar Bali. Demikian Owner Perum Rasuni Regency, Fransiskus. Rumah elite dicari bukan saja untuk tempat tinggal tapi juga investasi dan spekulasi. Dengan kemampuan pemasaran dan jaringan pasar yang kuat, kalangan spekulan mampu menggunakan kekuatan itu untuk mendapatkan untung yang sebesarnya dengan membeli properti di Bali. Properti elite dalam hal ini juga vila dan sejenisnya yang selama ini tersebar di sejumlah kawasan di Tabanan, dan sekitarnya.

Ini tantangan dan peluang bagi pemodal lokal untuk menyediakan produk bermutu. Dengan memilih lokasi strategis, juga bangunan yang berkualitas maka harga jual unit bisa dipacu lebih mahal lagi. Untuk rumah elite umumnya kisarannya mulai Rp1 Miliar ke atas.

Bagi investor luar investasi di Bali merupakan hal menarik. Karena itu penting bagi pebisnis properti di Bali mampu meningkatkan promosi untuk mendatangkan lebih banyak lagi para pemilik dana dari luar untuk berinvestasi di Bali.

Menurutnya bisnis properti Bali makin terangkat karena terimbas pariwisata dan stabilitas keamanan yang terjaga. Selain itu masyarakatnya yang berbudaya juga memiliki daya tarik tersendiri bagi investor. Menggemarinya bisnis properti Bali bukan saja menguatkan perekonomian juga menyerap tenaga kerja yang makin optimal. Sektor ekonomi lainnya yakni, jasa konstruksi, bisnis material dan lainnya juga akan makin ramai dibutuhkan.

Hal senada disampaikan pebisnis properti Adi Nugraha. Katanya bisnis perumahan elite memiliki segmen khusus. Dengan bidikan yang spesifik, inovasi produk juga makin bisa ditingkatkan sehingga daya tarik produk perumahan elite makin tinggi.

Konsep perumahan elite tak jauh dari vila karena memiliki fasilitas lebih privasi. Misal tipe rumah yang lebih besar, dengan fasilitas kolam renang, taman bermain aanak dan berlokasi di lokasi prospektif ekonomi. Misal akses mal, rumah sakit, sekolah, dan 9budi wisata tak jauh dari kawasan rumah. Dia optimis dengan menjaga kualitas bisnis rumah elite akan berpeluang karena citra Bali di mata investor luar masih sangat baik dan positif.  (gun)