Abon Ikan Tuna Bidik Pasar Oleh-oleh Khas Buleleng

Singaraja (Bisnis Bali) – Siapa yang tak kenal dengan Ikan tuna. Jenis ikan ini paling disukai apalagi jika diolah menjadi abon. Tingginya peminat olahan ikan tuna menjadikan peluang bisnis baru di kalangan masyarakat. Karena untuk bisa memulai bisnis satu ini memang tak membutuhkan modal banyak sebab harga ikan tuna cukup terjangkau dan bumbu – bumbu mudah didapatkan.

Nyoman Adi Arnaya pelaku usaha dari Banjar Jawa Singaraja salah satunya. Dengan ketersediaan ikan tuna yang melimpah, dirinya mencoba membuat inovasi olahan ikan tuna agar dapat dipasarkan ke pasar oleh–oleh. Dengan mengkemasnya apik dengan brand Yeh Pasih, olahan abon ikan tuna memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Per bungkusnya dibanderol Rp25 ribu.

Agar bisa bersaing di tengah ketatnya perjuangan para pengusaha abon ikan tuna lainnya, ia perlu membuat inovasi baru untuk bisnis abon ikan tuna ini, dengan menciptakan ciri khas tersendiri dari penggunaan bumbunya.

“Sasaran pasar kita adalah pasar oleh – oleh khas Buleleng dengan kemasan yang modern diharapkan produk – produk lokal mampu memiliki nilai jual yang lebih,”terangnya. (ira)