Masyarakat Buleleng Antusias Sambut Jelajah Sepeda Nusantara

Singaraja (Bisnis Bali) – Ribuan peserta fun run 5km, Fun bike 10km dan fun bike 20km dilepas dalam rangka pelaksanaan sepeda nusantara yang dirangkai dengan pelepasan atau start etape III jelajah sepeda nusantara. Pelepasan ini dilaksanakan di Taman Kota Singaraja pada Minggu 4 Nopember 2018. “Antusias masyarakat Buleleng sangat luar biasa untuk mengikuti acara fun bike fun run ini dilihat dari peserta yg mendaftar hampir 2500 peserta, bahkan ada beberapa peserta yang tak mendapat kaos tapi itu tidak jadi masalah,” ujar Asisten deputi peningkatan kapasitas pemuda, kementrian pemuda dan olahraga Drs. I Gusti Putu Raka Pariana

Melihat antusias masyarakat Buleleng mudah-mudahan bisa menjadi barometer dan referensi untuk kedepannya agar acara-acara seperti ini dapat dianggarkan bersama komisi 10 DPR RI. “Karena ini merupakan program gerakan masyarakat sehat, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” imbuhnya.

Peserta yang mengikuti jelajah sepeda nusantara berjumlah 15 orang dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, salah satu peserta Dede Supriatna asal Bandung menjelaskan, ia dan timnya sudah melewati provinsi Kalimantan yaitu start etape pertama di Entikong perbatasan Indonesia dan Malaysia, kemudian dilanjutkan Provinsi Sulawesi dan sekarang start dari Singaraja untuk menuju finish di Yogjakarta yang diperkirakan selesai 15 november.

Dede supriatna juga sangat mengapresiasi antusias masyarakat Buleleng yang mengikuti kegiatan ini dan tak lupa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk gemar berolahraga khususnya olahraga sepeda. “Selain menyehatkan olahraga sepeda juga murah dan sangat ramah lingkungan,” ujarnya

Sementara itu kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa berharap dengan ditunjuknya Buleleng sebagai etape start jelajah sepeda nusantara ini dapat mempromosikan Buleleng dengan kondisi dan potensi yang dimiliki.

“Selain itu kami mengajak masyarakat buleleng berolahraga masal dan mendukung program pemerintah gerakan masyarakat gemar berolahraga dan olahraga juga membangun rasa solidaritas dan kebangsaan karena olahraga menyatukan kita semua,” pungkasnya. (ira)