LPD Pemogan Komit Berkontribusi Terhadap Masyarakat

Denpasar (Bisnis Bali) – LPD Desa Pakraman Pemogan, Denpasar mencatat kepemilkan aset hingga September 2018 mencapai Rp107 miliar. Dengan perolehan laba yang sudah Rp3,25 miliar, LPD Desa Pakraman Pemogan berupaya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Kepala LPD Desa Pakraman Pemogan, I Wayan Mendra, saat ditemui, Senin (5/11) kemarin, mengatakan, pertumbuhan aset cukup signifikan, dilihat dari total aset pada tahun 2017 hanya Rp96 miliar, dengan capaian laba Rp4,6 miliar. Dilihat dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), hingga September 2018 DPK yang dihimpun LPD Desa Pakraman Pemogan sudah mencapai Rp48,3 miliar berupa tabungan dan Rp30,9 miliar berupa deposito.

Sementara perolehan DPK hingga akhir 2017 hanya Rp34 miliar berupa tabungan dan Rp23 miliar berupa deposito. “Kepercayaan masyarakat kian meningkat seiring berbagai kontribusi yang berusaha diberikan LPD,” ujarnya sembari mengatakan kredit yang disalurkan sudah mencapai Rp88 miliar, naik Rp3 miliar dari tahun sebelumnya (2017).

Sejak kepemimpinannya 2016 lalu, LPD Desa Pakraman Pemogan telah memberi berbagai kontribusi kepada masyarakat. Salah satunya, pelaksanaan ngaben dan nyekah massal serta beberapa upacara lainnya, seperti metatah, nelubulanin dan sebagainya, yang menghabiskan dana hingga Rp1 miliar. Selain itu, LPD Desa Pakraman pemogan juga aktif dalam memfasilitasi kegiatan masyarakat seperti mendukung rangkaian upacara Nyepi dengan memfasilitasi biaya ulam prani dan kontribusi dalam pembuatan ogoh-ogoh pada pemuda.

LPD Desa Pakraman Pemogan juga memberikan santunan meninggal dengan nominal Rp1 juta per krama. Disamping itu, pemberian dana punia juga dilakukan pada masing-masing Pura Kahyangan Tiga setiap piodalan, diluar 20 persen dari laba yang diberikan setiap tahunnya kepada desa adat.

Mendra berharap, keberadaan LPD kian berkembang melalui dukungan dari masyarakat yang memberi kepercayaan untuk menaruh dananya di LPD ataupun meminjam dana di LPD. Dengan berkembangan LPD, maka makin besar pula kontribusi yang bisa diberikan LPD kepada masyarakat. Demikian juga gebyar undian berhadiah juga dilakukan LPD yang membagikan puluhan hadiah menarik.  (wid)