Mujair Nyat – Nyat, makin Diminati

Mangupura (Bisnis Bali) – Masyarakat Bali kaya potensi bisnis kuliner. Potensi ini mestinya digarap optimal karena peluang pasarnya yang terbuka. Salah satu menu kuliner yang cukup berkelas dan umumnya dijual di restoran, dan rumah-rumah makan yang sudah punya nama yakni mujair nyat-nyat, yang dikombinasi dengan plecing kangkung dan sambal matah.

Kata Putu Sariada, salah seorang pemilik warung makan yang menyajikan menu kuliner ikan sebagai mata dagangan utama, Jumat (2/10) menyampaikan, kuliner ikan memang diminati konsumen. Berbagai kuliner ikan sebetulnya tak terlalu mahal, karena bisa dipilih sesuai besar kecilnya ikan. Dia mencontohkan ikan mujair bisa dipilih mulai Rp15.000 – Rp65.000 sudah matang alias siap santap.

Dia menilai bisnis kuliner ini prospektif karena masyarakat kini banyak yang suka makan menu ikan selain menyehatkan juga mencerdaskan. Ini seiring imbauan pemerintah untuk membudayakan gemar makan ikan. Potensi mujair Bali yang cukup berlimpah juga memungkinkan para pebisnis menu ikan bisa secara kontinu menyediakan salah satu kuliner favorit ini, baik di restoran – restoran maupun rumah makan di perkotaan.

Dia mengaku mendapat pasokan ikan mujair tiap dua hari dari Kintamani, Bangli. Dengan skill yang dimiliki dia mampu mengolah ikan mujair menjadi menu yang enak dan membuat konsumen ketagihan. Resepnya yakni, menggunakan  1 kg mujair, 8 btr bawang merah, 4 btr bawang putih, 10 cabe rawit, kunyit, lengkuas, kencur, jahe, 2 kemiri, 1 serai, 3 daun salam, 2 daun lemo, garam dan gula secukupnya, bumbu penyedap seperlunya.

Langkah selanjutnya yakni goreng mujair setengah matang, haluskan bumbu (bawang merah dan putih, cabe, jahe, kunyit, lengkuas, cekuh, kemiri).Tumis bumbu, masukan daun salam dan serai. Jika sudah harum masukan air 3 gelas.

Beri bumbu (gula, garam dan penyedap rasa). Aduk kemudian masukan mujair.Tunggu hingga air meresap dan siap dihidangkan. Dalam menghidangkan mujair nyat-nyat bisa ditambah plecing kangkung yang diberi bumbu sambal matah khas Bali yakni menggunakan cabe pilihan, sereh, dan minyak kelapa asli Bali.

Dia optimis bisnis mujair nyat – nyat bisa menjadi menu pilihan bagi keluarga baik untuk makan siang maupun malam. Dalam mengolah bumbu biasanya lebih bzik dengan cara dirajang. Namun karena biasanya melayani permintaan yang cukup banyak dan lebih cepat cara mengolah bumbu nyat-nyat bisa menggunakan blender. (gun)