Tabanan (Bisnis Bali) – Sejumlah petani di Tabanan tak hanya kreatif dalam berproduksi di sektor pertanian, namun juga terbukti inovatif dalam menyikapi lahan tak produktif dampak musim kering sekarang ini.  Seperti Wayan Dika yang menyulap lahan tak produktif menjadi hamparan bunga matahari sehingga jadi daya tarik wisatawan untuk lokasi spot selfi.

“Awalnya saya ingin menanam bunga potong untuk keperluan dan kebutuhan hotel dilahan milik orang tua yang kondisi tidak produktif dengan bergantung pada musim penghujan. Namun, setelah bertemu dengan teman-teman alumni SMK 1 Tabanan dan memberikan ide untuk menanam bunga matahari. Ya saya coba tanam bunga matahari 4 bulan lalu,” tutur Wayan Dika

Pembudidaya bunga matahari sekaligus pengelola argow wisata yang berlokasi di Banjar Batanyuh Belayu, Marga, Tabanan, belum lama ini. Sejak dikembangkan 4 bulan lalu, saat ini akuinya taman bunga matahari ramai dikunjungi warga. Padahal, awalnya belum berani membuka menjadi agrow wisata, namun karena keburu viral di media sosial dan kemudian banyak yang datang, akhirnya dibuka sebagai agrow wisata.

Saat ini pengunjung taman bunga matahari kebanyakan dari kalangan remaja dan anak muda. Rata-rata pengunjung sampai 250 orang hingga 500 orang per hari. Selain ingin melihat langsung keindahan bunga matahari, banyak dari kalangan pengunjung yang datang hanya untuk mengabadikan gambar bunga matahari yang mekar di areal lahan seluas 10 are atau ber selfi dengan tanaman bunga matahari.

“Pengunjung yang datang mulai dari Badung, Denpasar, Nusa Penida hingga Jembrana. Mereka tahu tentang taman bunga ini dari medis sosial,” ujarnya.

Sambungnya, untuk tiket masuk ke agrow wisata ini hanya dipatok Rp 5 ribu per orang. Sebagai besar hasil tiket masuk digunakan untuk keperluan taman bunga, hingga perbaikan fasilatas yang ada, mengingat belum ada fasilitas di agro wisata ini.

“Dengan potensi yang ada ini saya berencana memperluas areal lahan tanam bunga dari 10 are menjadi 35 are. Nantinya, jenis bunga yang ditanam adalah bunga celosia, bunga sedap malam dan bunga gemitir. Selain itu, saat ini juga sedang mempersiakan 50 jenis bunga untuk valentine day untuk tahun depan,” tegasnya. (man)