Tabanan (Bisnis Bali ) –  Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, menghadiri ngaben massal di Desa Wanasari, Baleran,  Senin (29/10). Sanjaya memberikan apresiasi kepada warga Wanasari atas kekompakan dalam melakukan yadnya. Pelaksanaan ngaben massal tak mengurangi makna dari upacara, melainkan dapat memberikan manfaat salah satunya meringankan beban penyelenggara.

“Yang terpenting adalah rasa tulus ikhlas dalam meyadnya. Tujuan yadnya adalah baik. Maka harus dilakukan sungguh-sungguh,” ujar Sanjaya.

Ia berpesan kepada seluruh warga Wanasari untuk berperan dalam pelestarian adat, agama dan budaya Bali.

“Panca Yadnya harus terus dilakukan karena sejak manusia dilahirkan sudah memiliki hutang , hutang ini harus dibayar, karena kita ingin  hidup menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga persatuan, kesatuan, karena jika kita sudah bersatu maka apapun akan dapat kita lalui,” imbuhnya.

Sementara itu, Panitia Karya Made Kardian mengungkapkan ngaben massal dilakukan tiap lima tahun sekali, dan puncak acara pelaksanaan yadnya akan digelar Jumat 2 November mendatang. Dalam kegiatan kali ini terdiri dari 15 sawa, 18   atma wedana, 57 metelung bulanin  dan 43 metatah. Sedangkan sumber dana bersumber pada iuran warga.

“Untuk ngaben massal setiap adat yang aktif dikenai iuran Rp10 ribu tiap bulan selama 5 tahun,” ungkapnya. (man)