Mengamuk di Rumah, ODGJ Dibawa ke RSJ Bangli

Semarapura (Bali Post) – Seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) I Nengah Surasma, kembali meresahkan warga di Banjar Dinas Gelogor, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Minggu (28/10) malam. Dia tiba-tiba mengamuk di rumahnya, bahkan sempat mencekik leher istrinya sendiri. Usai menganiaya istrinya, pensiunan guru SMP tersebut, langsung kabur dari rumahnya, dengan membawa pisau.

Ulah ODGJ ini membuat resah warga sekitar, yang kemudian melaporkannya ke Sat Pol PP Klungkung. Jajaran polisi dari Polsek Dawan juga sempat turun ke lokasi. Demikian juga petugas dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Mereka sempat melakukan pencarian malam itu guna mencegah korban berbuat nekat. Tetapi karena situasi gelap, Surasma sulit ditemukan, sehingga pencarian diputuskan dihentikan. “Dia soalnya bawa pisau belati, dalam situasi gelap, nanti malah kita yang ditusuk dari belakang,” kata Kepala Dinas Sosial Ida Bagus Anom Adnyana, saat ditemui di kantornya, Senin (29/10).

Kasat Pol PP Klungkung I Putu Suartha, mengatakan, selain mencekik istri, Surasma juga sempat mengamuk merusak salah satu palinggih di rumahnya. Namun, setelah didatangi ke rumahnya, dia tidak ada dan keberadaannya tidak ada yang tahu.

Kapolsek Dawan AKP I Kadek Suadnyana, dikonfirmasi perihal peristiwa itu, juga membenarkan Surasma yang sudah mengalami stress sempat mencekik istrinya dan kabur membawa pisau. Karena ketakutan, lalu istri Surasma melapor ke warga sekitar dan ke Klian Banjar Dinas Glogor.

Usai kabur dari rumah, ternyata Surasma balik sendiri ke rumahnya ketika sudah pagi. Dia tampak kembali normal. Namun, baik istri dan warga sekitar tetap khawatir dengan tindak tanduk ODGJ asal Besan ini. Untuk mengecek kondisi kejiwaan Surasma, Suadnyana mengatakan Surasma sempat didatangi bidan setempat, bersama Babinsa dan Babhinkamtibmas setempat, sekitar pukul 09.00 wita.

Istri Surasma itu, tampak ketakutan, dan memberikan opsi agar langsung di bawa ke RSJ Bangli saja. Ini untuk mengantisipasi bila dia bertindak nekat lagi. Surasma lantas diangkut ke RSJ Bangli, didampingi bidan dan petugas kepolisian, Sat Pol PP dan Dinas Sosial.

“Tadi sudah langsung di bawa ke RSJ Bangli. Kami belum tahu hasil pemeriksaan kejiwaannya seperti apa. Kalau memang tidak terlalu parah, sepertinya akan diantarkan pulang lagi,” tambah Adnyana. (kmb)