PENUMPANG - Penyambutan penumpang Maskapai Aeroflot perdana reguler Moskow-Denpasar di Pintu Kedatangan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (29/10).

Mangupura (Bisnis Bali) – Aeroflot-Rossiya Airlines asal Rusia resmi membuka rute penerbangan langsung Moskow – Denpasar pada Senin, (29/10). Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi, mengatakan, Aeroflot baru pertama kali melakukan penerbangan secara reguler ke Bali.

Dhubungan kerjasama antara Indonesia dan Rusia membuahkan hasil dibukanya penerbangan Aeroflot reguler Moskow-Denpasar. Sebelumnya memang ada penerbangan langsung Moskov-Denpasar  hanya masih bersifat charter flight.

Dengan adanya penerbangan direct flight Moskow-Denpasar akan sangat bermanfaat terhadap pariwisata Indonesia. Ini untuk mendorong kunjungan wisatawan dari Rusia ke Indonesia khususnya ke Bali. Pada 2017 lalu wisatawan dari Rusia ke Indonesia naik 37 persen. Jumlah kunjungan wisatawan  Rusia ke Indonesia 2017 mencapai 110.000 wisatawan.

Supriyadi meyakinkan adanya penerbangan Aeroflot reguler Moskow-Denpasar ditargetkan ada penambahan 35 ribu wisatawan dalam satu tahun. “Kedatangan wisatawan Rusia ke Indonesia 2018 diharapka  meningkat menjadi di kisaran 130.000-145.000 wisatawan,” ucap Dubes Wahid.

Head of Political Section Russian Embassy, Andrey Kuznetsov mengatakan, penerbangan Aeroflot reguler Moskow-Denpasar merupakan wujud dari peningkatan hubungan dari kedua negara. Rusia merupakan salah satu dari lima besar negara Eropa penyumbang wisatawan ke Bali.

Penerbangan perdana Aeroflot reguler Moskow-Denpasar dengan nomor penerbangan SU-6295 tersebut tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Senin (29/10) pukul 08.20, setelah sebelumnya takeoff dari Bandar Udara Sheremetyevo di Kota Moskow pada Minggu (28/10) pukul 15.05 waktu setempat.

Penerbangan perdana Aeroflot reguler Moskow-Denpasar membawa penumpang sebanyak 297 penumpang. Mereka  diangkut dengan  pesawat tipe Boeing 777-300 ER. Melalui perjanjian bisnis antara kedua maskapai (codeshare agreement) tersebut, penerbangan Aeroflot reguler Moskow-Denpasar direct flight menempuh jarak 10.600 km.

Penerbangan rute Moskow – Denpasar akan dilayani tiga kali dalam seminggu, yaitu pada Rabu, Jumat, dan Minggu, dengan nomor penerbangan SU-6295. Sementara untuk rute Denpasar – Moskow, dijadwalkan beroperasi saban Senin, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan ini akan menggunakan nomor penerbangan SU-6296, dengan waktu keberangkatan pukul 10.05 WITA, dan tiba di Moskow pada pukul 17.50 waktu setempat.

Jumlah wisatawan mancanegara asal Rusia yang dilayani Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga September 2018 mencapai 80.975 orang, naik 10,38 persen dari periode yang sama di tahun lalu, dari sejumlah 73.359 wisatawan. Harapan adanya peningkatan jumlah wisatawan dari Rusia juga turut disampaikan Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT. Angkasa Pura I (Persero), Devy Suradji.

“Saat ini Rusia belum masuk dalam 10 besar negara penyumbang wisatawan mancanegara. Semoga dengan pembukaan rute ini, jumlah kunjungan dari Rusia meningkat pesat,” harap Devy.

Sesaat setelah keluar dari pesawat, penumpang Maskapai Aeroflot perdana reguler Moskow-Denpasar disambut dengan seremoni pengalungan bunga oleh para tamu undangan, serta tarian sambutan Sekar Jepun. (kup)