Amlapura (Bisnis Bali) – Badan Kerjasama (BKS) LPD Kabupaten Karangasem bersama LPD se-Kabupaten Karangasem menggelar kegiatan ngayah bersama di Pura Gunung Kembar Kinusut, Karangasem. Pada kegiatan tersebut, perwakilan karyawan LPD ngaturang ayah nari rejang renteng.

Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs I Made Mastiawan pada acara yang digelar Minggu (28/10) kemarin, mengatakan, piodalan yang digelar di Pura Gunung Kembar Kinusut merupakan kelanjutan dari piodalan yang telah berlangsung 2 tahun lalu. Pada kesempatan ini pula sekaa gong dari BKS turut ngaturang ayah nabuh.

“Tujuannya tiada lain adalah untuk sujud bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi sebagai bentuk rasa syukur kami yang hingga saat ini masih diberi kesehatan dan kekuatan dalam beraktifitas termasuk menjalankan aktivitas di LPD,” ujarnya.

Seperti kegiatan ngayah yang telah dilakukan sebelumnya, LPD se-Kabupaten Karangasem juga mengumpulkan sejumlah dana yang kemudian dipuniakan langsung pada hari tersebut. Dana yang dikumpulkan yaitu mencapai Rp15,7 juta. Mastiawan mengatakan dana yang terkumpul tersebut diserahkan langsung kepada Jro Mangku pengempon pura setempat.

Diungkapkan Mastiawan, LPD se-Kabupaten Karangasem beserta BKS-LPD Karangasem secara rutin menggelar kegiatan ngayah bersama pada piodalan yang berlangsung di pura besar yang ada di Kabupaten Karangasem. Disamping itu, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud implementasi sradha dan bakti karyawan dan pengurus LPD serta aktualisasi sikap keharmonisan yang dilakukan LPD.

Mastiawan menjelaskan, selama ini LPD selalu berkontribusi aktif dalam menjaga kehamonisan dengan berbagai tindakan untuk mewujudkannya, baik yang meliputi parhyangan (hubungan yang harmonis manusia dengan Tuhan), pawongan (hubungan yang harmonis manusia dengan manusia) dan palemahan (hubungan yang harmonis manusia dengan lingkungan).

Dia berharap melalui kegiatan seperti kedepannya LPD bisa tetap ajeg dan lestari demi terwujudnya desa pakraman yang mandiri. Demikian juga dalam perjalanan LPD diharapkan selalu dalam lindunganNya (Ida Sang Hyang Widhi) agar senantiasa aman dan sentosa.  (wid)