Denpasar (Bisnis Bali) – Duta besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan mengunjungi instalasi seni keramik monumental bertema Coral Universe atau Semesta Terumbu Karang, di Coral Triangle Center (CTC), Jalan Bet Ngandang ISI, Sanur Denpasar.

Semesta Terumbu Karang merupakan hasil karya seorang seniman internasional asal Amerika Serikat, Courtney Mattison, bekerja sama dengan sejumlah seniman di Bali dan tiga ratus relawan. Semesta Terumbu Karang ditujukan untuk pendidikan konservasi, berbentuk terumbu karang yang indah. Disana juga dilengkapi fitur augmented dan virtual reality, ini sangat menarik bagi anak-anak karena dengan menggunakan gawai pengunjung bisa menjelajahi keindahan bawah laut dan bertemu dengan fauna laut di terumbu karang virtual.

“Semesta Terumbu Karang ini adalah simbol kerjasama Amerika Serikat dan Indonesia. Kami bekerjasama dengan institusi Coral Triangle Center, komunitas pecinta lingkungan, serta sejumlah relawan dalam rangka menyebarkan semangat untuk melindungi terumbu karang dan laut melalui sebuah karya seni,” ucapnya.

Kerjasama tersebut sebagai ucapan untuk mempromosikan konservasi laut. Pemerintah Amerika melalui US ID Indonesia bermitra dengan CTC untuk memperkuat kawasan laut yang dilindungi dan untuk mempromosikan pengelolaan penangkapan ikan yang berkelanjutan di Provinsi Maluku.

“Seni juga memainkan peran juga selain memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai alam kita, juga menginspirasi orang untuk melindungi alam kita. Salah satunya tentang betapa penting melindungi terumbu karang dan betapa rapuhnya terumbu karang itu,” pungkasnya. (pur)